Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga: Konvensional atau Modern?

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga – kreditur.net. Walaupun berprofesi sebagai ibu rumah tangga, bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk membantu suami menopang ekonomi keluarga. Usaha sampingan ibu rumah tangga yang dapat dikelola dari rumah sehingga, sehingga anda tidak perlu meninggalkan keluarga atau buah hati, dan anda tetap memiliki waktu yang cukup untuk memperhatikan keluarga.

Secara umum, ada dua alasan bagi ibu rumah tangga untuk menjalankan usaha sampingan. Alasan pertama adalah untuk ikut membantu suami membiaya biaya hidup yang semakin tinnggi, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan, maupun biaya rekreasi, yang merupakan kebutuhan pokok bagi keluarga. Alasan kedua adalah untuk menyalurkan hobi dan membunuh waktu luang. Wanita dengan hobbi tertentu, misalnya memasak, dapat menjalankan usaha yang sesuai hobbinya.

usaha sampingan ibu rumah tangga

Trend usaha sampingan ibu rumah tangga

Usaha sampingan konvensional

Di masa lalu, usaha sampingan ibu rumah tangga pada umumnya tidak jauh dari keseharian atau hobby mereka, misalnya membuka jasa catering, toko bunga, butik, atau menerima jasa menjahit pakaian, inilah yang disebut sebagai usaha sampingan konvensional. Biasanya, ibu rumah tangga berperan ganda sebagai pemilik, perancang, manajer, bahkan sebagai tenaga penjual. Kalaupun memiliki karyawan, biasanya hanya untuk tenaga operator atau pekerja. Banyaknya pihak ketiga yang bisa menjadi kreditur tentu sangat membantu ibu-ibu rumah tangga untuk menjalankan usaha sampingannya.

 

Usaha sampingan modern

Namun, seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, para ibu masa kini memiliki lebih banyak pilihan untuk membuka usaha sampingan, bukan hanya yang bersifat konvensional, tetapi juga usaha sampingan modern. Contohnya adalah bisnis berbasis online, misalnya membuka online shop, menjadi reseller atau dropship suatu produk secara online, menjadi affiliate marketer, atau menjadi penulis online. Beberapa kategori produk yang populer di bidang ini adalah produk kecantikan, pakaian bayi, fashion modern, fashion muslimah, hingga produk elektronik.

 

Usaha sampingan konvensional dan modern

Namun, trend yang menjadi fenomena di era internet seperti sekarang ini adalah perpaduan antara usaha sampingan konvensional dan modern. Dalam hal ini, usaha sampingan ibu rumah tangga yang dijalankan dari rumah dipasar secara modern menggunakan teknologi internet, yakni melalui toko-toko online. Pemasaran secara online memungkinkan anda untuk menjangkau konsumen secara lebih luas tanpa terikat oleh jarak maupun waktu.

Nah, jika berminat membuka usaha sampingan ibu rumah tangga, mengapa tidak mempertimbangkan untuk bekerja secara online, karena Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa melalaikan tugas utama dalam keluarga. Tapi jangan lupa, pelajari dulu cara-caranya, ya.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga: Konvensional atau Modern? | Scareface | 4.5