Usaha Mikro Untung Makro dengan Bisnis Siomay

Jika anda hendak memulai sebuah usaha, memulai dengan membuka usaha mikro adalah sebuah pilihan yang paling tepat. Mengapa? Karena dengan usaha mikro tentunya modal yang anda gunakan tidaklah sebesar ketika anda membuka sebuah usaha yang besar. Dan terlebih lagi, walalupun usaha mikro, bisa saja anda mendapatkan untung yang makro atau besar, jika anda telaten dan serius menjalankan usaha ini. Salah satu usaha yang bisa menjadi laternatif bagi anda adalah usaha siomay.

Usaha Mikro Untung Makro dengan Bisnis Siomay

Dengan modal yang tidak terlalu besar, anda sudah bisa membuka usaha siomay ini. Apalagi ketika letak rumah anda sangat strategis, maka anda tak perlu mengeluarkan biaya sewa untuk membuka warung siomay ini. Perlengkapan yang diperlukan juga cukup sederhana, diantaranya dalah gerobak atau etalase serta perlatan masak yang mencakup kompor, wajan, dan sebagainya. Selain itu anda juga harus mempersiapakan perlatan lain seperti piring, sendok, gelas, garpu, dan juga meja kursi.

Untuk lokasi yang tepat bagi usaha siomay anda ini adalah lebih baik di lokasi yang ramai, agar peluang untuk dilirik konsumen lebih besar. Anda bisa berjualan di pinggir jalan, atau di wilayah perkantoran, bisa juga di wilayah sekolah atau perumahan. Yang perlu anda perhatikan adalah memilih lokasi strategis dan juga bersih serta mudah dijangkau oleh konsumen.

Ketika anda baru saja memulai usaha siomay ini, maka anda bisa menjalankan usaha ini sendirian. Namun ketika sudah mulai banyak pelanggan, anda harus mulai berpikir untuk menambah karyawan agar anda bisa fokus untuk mengembangkan usaha siomay ini dan juga untuk membantu kelancaran dari operasional yang anda lakukan.

Untuk harga dari makanan siomay ini, anda bisa mejualnya dengan harga sekitar Rp 5.000 hingga Rp 7.000 untuk satu porsi. Untuk harga Rp 7.000 biasanya sudah dilengkapi pula dengan satu butir atau setengah butir telur ayam rebus. Atau anda juga bisa memberikan kreasi lain agar siomay yang anda sajikan berbeda dengan siomay pada umumnya, sehingga akan membuat konsumen lain tertarik mendatangi warung anda.

Dalam bisnis makanan, hal yang sering kali menjadi resiko adalah masalah rasa dan bahan baku. Oleh karena itu anda perlu berpikir kreatif dalam dua poin ini. Untuk rasa, belum tentu yang anda anggap enak, juga akan dirasa enak oleh orang lain. Anda bisa mensiasati dengan cara mencari tester yang bisa menilai rasa siomay anda. Bisa dari orang-orang terdekat anda atau orang yang memang sudah lebih ahli dalam hal rasa dibandingkan anda. Untuk bahan baku, anda harus mulai untuk mencari distributor yang bisa memberikan harga khusus yang lebih murah dan akan lebih baik lagi ketika anda bisa menjalin hubungan baik dengan mereka, sehingga anda akan mendapatkan perlakuan khusus, termasuk dalam hal harga.

Usaha Mikro Untung Makro dengan Bisnis Siomay | Scareface | 4.5