Tips Mudah Merekrut Karyawan Berkualitas

Salah satu hal yang agak rumit di dalam sebuah usaha adalah mencari karyawan yang sesuai dengan keinginan anda yang tentunya berkualitas dan juga mumpuni untuk menjalankan tugas kerjanya. Memang mencari orang yang tepat dalam hal ini, membutuhkan sebuah konsentrasi tinggi dan juga pengalaman yang banyak. Apalagi ketika usaha anda bukanlah sebuah usaha yang terkenal seperti Coca-cola, Neste, dan lain sebagainya.

Tips Mudah Merekrut Karyawan Berkualitas

Bagi mereka, mungkin hanya dengan berpromosi lowongan kerja, akan banyak sekali orang dengan kualitas yang luar biasa berbondong-bondong mendaftrakan diri. Namun, bagaimana dengan anda? Ketika usaha anda masih baru, namun permintaan semakin besar sehingga anda kuwalahan, maka anda pastinya butuh karyawan. Lalu bagaimana agar anda bisa mendapatkan karyawan yang berkualitas? Ada beberapa langkah dan tips yang bisa anda gunakan untuk mempermudah anda dalam mendapatkan karyawan yang berkualitas sesuai dengan keinginan anda, yakni sebagai berikut:

Pertama, anda harus menentukan sebuah kualifikasi terlebih dahulu sebelum anda mencari karyawan. Sebab setiap posisi dalam usaha anda, tentunya membutuhkan seseorang dengan kualitas tertentu. Misalnya ketika anda mencari marketing, maka dia harus supel dan mudah bergaul. Akan berbeda ketika anda hendak mencari tenaga akuntansi, maka dia teliti dan juga tekun. Tentukanlah kualifikasi dasar yang anda butuhkan, dan hal ini akan bisa sedikit membantu anda di dalam memilih calon karyawan yang anda butuhkan.

Kedua, ketika usaha anda belumlah terkenal layaknya Indofood, dan sebagainya. Maka ketika anda membuat iklan lowongan pekerjaan, usahakan jelaskan dengan rinci terkair perusahaan anda. sehingga ketika ada orang yang melihat lowongan pekerjaan tersebut, dia akan menimbang apakah perusahaan tersebut pas dengan kualifikasi dia ataukah tidak. Dengan begitu, harapannya akan lebih banyak orang yang mendaftar dengan kualifikasi mendekati dengan apa yang anda butuhkan.

Ketiga, untuk lebih meyakinkan anda bisa membuat semacam tes kualifikasi sesuai dengan bidang yang anda butuhkan. Ketika anda membutuhkan akuntan, maka anda bisa memberikan tes terkait beberapa data dan juga angka dan juga terkait ilmu akuntansi. Selain itu, anda juga bisa menambahkan tes psikologi untuk melihat kepribadian dari calon karyawan anda tersebut.

Keempat, tips yang juga penting untuk anda lakukan adalah dengan wawancara yang komunikatif. Artinya selain anda bertanya berbagai hal dengan calon karyawan, berikan ia kesempatan juga untuk bertanya terkait perusahaan anda. dengan begitu ia akan bisa mengukur apa yang akan ia lakukan di perusahaan anda. Dan yang paling penting adalah anda harus memastikan bahwa calon karyawan anda ini bisa mengerjakan tugas yang anda berikan dengan baik.

Incoming search terms:

cara merekrut karyawan yang berkualitas, 

Tips Mudah Merekrut Karyawan Berkualitas | Scareface | 4.5