Tips Mudah Membangun Brand Awareness

Tak dapat kita pungkiri bahwa brand adalah sebuah hal yang sangat penting untuk mengenalkan produk anda kepada para calon konsumen. Membangun brand awareness memang bukan sebuah hal yang mudah. Salah satu cara yang paling efektif untuk membangun brand awareness adalah dengan menggunakan brand storytelling atau konsep Word of Mouth.

Tips Mudah Membangun Brand Awareness

Setiap orang, termasuk anda pastinya akan merasa tidak nyaman ketika mendapatkan pesan promosi secara langusung. Bahkan responnya sebagian besar akan menolak dan tidak simpati. Namun akan berbeda ketika produk anda itu disampaikan dengan cerita dari konsumen yang lain. Sehingga brand storytelling ini menjadi teknik yang paling jitu untuk membangun brand awareness di mata para pelanggan anda.

Untuk menciptakan brand awareness yang tepat, maka anda bisa menrapkan beberapa tip berikut ini:

Buat pesan yang unik

Pesan marketing yang standar, hanya akan berhenti pada calon pelanggan anda dan tidak akan pernah diteruskan oleh calon pelanggan anda kepada teman-temannya. Oleh karena itu, anda membutuhkan sebuah konten yang menarik dan bisa membuat orang-orang membantu menyebarkannya dengan sadar. Misalnya anda bisa membuat sebuah parodi yang unik dan menarik, maka dengan sendirinya orang-orang akan menyebarkannya dan secara tidak langsung mereka akan melihat brand produk anda. Buatlah pesan marketing anda dengan cara yang paling menarik.

Berikan ruang partisipasi

Konsumen sangat suka ketika ketika diberikan ruang untuk berpartisipasi di dalam sebuah event. Misalnya dengan mendorong para konsumen anda untuk menjawab pertanyaan di wall facebook mereka. Anda juga bisa mengadakan sebuah eventkopi darat dan melibatka masyarakat sekitar untuk berpartisipasi, dan masih banyak cara lain untuk memberikan ruang partisipasi ini.

Misalnya seperti yang pernah dilakukan oleh Oreo. Ia berhasil mengajak para audiensnya untuk mengeklik tombol like untuk bisa memecahkan rekor Guiness Book. Ini adalah sebuah hal yang sangat spesial. Dengan teknik ini, Orea berhasil menyebarkan brand produknya keseluruh dunia.

Hargai Superfans

Menjadi fans dari sebuah produk adalah hal yang cukup mudah, namun menjadi superfans, tidak semua orang mau melakukannya. Oleh karena itu, hargailah superfans anda, sebab mereka sudah mau dengan sukarela ikut menawarkan produk anda tanpa harus anda bayar. Bahkan dengan bantuan mereka, produk anda bisa menyebar dengan sangat cepat.

Anda bisa mengundang para superfans anda untuk menghadiri sebuah acara spesial perusahaan yang memang anda persembahkan bagi mereka. Hal ini akan membuat mereka menjadi merasa spesial, dan mereka akan lebih sering lagi untuk membantu jalannya marketing anda.

Tips Mudah Membangun Brand Awareness | Scareface | 4.5