Tips Mudah Melihat Trend Bisnis yang Sedang Hangat

Ketika kita berbicara masalah trend dalam bisnis, maka pastinya kita akan berbicara masalah pasar. Mengetahui trend bisnis ini sangatlah penting, baik bagi anda yang sudah memiliki usaha, atau bagi anda yang hendak memulai sebuah usaha. Dengan mengetahui trend yang sedang digandrungi banyak orang, maka peluang anda melakukan kesalahan dalam membidik sebuah usaha akan menjadi lebih kecil. Sehingga anda bisa melakukan penetrasi dengan lebih tepat yang efeknya tentunya akan membuat bisnis anda menjadi yang terdepan untuk dicari orang. Dengan mengetahui trend bisnis pula, anda bisa mengetahui siapa kompetitor anda di lapangan dan seperti apa karekteristik mereka.

Tips Mudah Melihat Trend Bisnis yang Sedang Hangat

Setelah anda memiliki sebuah ide untuk memulai bisnis, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan sebuah riset agar anda bisa melihat potensi pasar serta kompetitor yang ada di dalamnya. Dengan begitu anda bisa menilai dan memilih usaha apa yang memiliki kompetitor yang lebih sedikit. Hal ini penting ketika anda sedang merintis usaha anda. dengan kompetitor yang lebi sedikit, peluang anda berhasil akan lebih besar.

Di sini ada beberapa tips bagaimana anda bisa mengetahui trend bisnis yang sedang hangat, yang bisa anda gunakan untuk memulai usaha kecil dan menengah yang tidak memerlukan biaya yang begitu besar.

Berbicara langsung dengan konsumen

Ketika kita berbicara riset pasar yang sesungguhnya, maka biasanya daftar pertanyaan secara langsung akan dikirim kepada konsumen, atau lewat wawancara langsung, atau lewat telepon, atau bisa juga membuat sebuah kelompok fokus. Anda bisa bayangkan berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk melakukan itu semua.

Namun anda bisa melakukan hal tersebut, dengan cara yang lebih simpel. Misalnya anda mengundang 5-10 rekan anda untuk makan malam di rumah anda, setelah itu presentasikan ide bisnis anda, dan mintalah pendapat mereka. Walau ini tidak ilmiah, minimal anda mendapatkan gambaran pasar secara umum, dan bisa anda mendapatkan ide bisnis baru dari saran dan kritik rekan anda tersebut.

Melalu Institusi Pendidikan

Kurikulum kewirausahaan sudah menjadi sebuah mata kuliah wajib dalam universitas. Ini bisa menjadi peluang bagi anda untuk mendapatkan data pasar secara lebih mudah, murah, dan tentunya ilmiah. Anda bisa langsung mendatangi universitas yang bersangkutan ke bagian studi mareting atau administrasinya. Dengan melibatkan mahasiswa mereka dalam riset anda, maka akan terjadi simbiosis mutualisme.Mereka mendapatkan nilai akademik, dan anda mendapakan data yang anda butuhkan.

Riset Data Sekunder

Anda bisa pula melakukan riset dari data-data yang ada diberbagai literatur di perpustakaan. Anda bisa menemukannya dalam buku terkait direktori industri, pemerintahan, atau referensi lainnya. Jika anda tidak menemukan info tersebut di perpustakaan daerah anda, maka anda bisa menuju ke perpustakaan kampus.

Manfaatkan Asosiasi Dagang

Setiap asosiasi dagang biasanya secara rutin akan mengumpulkan berbagai macam informasi terkait industri yang mereka geluti dan informasi itu akan diberikan pula kepada semua anggota yang tergabung di dalmnya. Mereka biasanya melakukan survei terkait persoalan biaya operasional, kecenderungan dari pertumbuhan industri, ada peluang pasar yang bisa diambil, dan lain sebagainya. Anda bisa mengakses data-data tersebut dengan cara bergabung dengan salah satu asosiasi dagang yang ada.

Membaca Majalah Bisnis

Ada banyak sekali majalah bisnis baik yang online maupun offline, yang mana akan disajikan berbagai macam data dan fakta terkait info-info dunia bisnis yang terbaru. Anda bisa melihat peluang pasar baru, melihat komprtitor anda, dan lain sebagainya. Biasanya juga sering dicantumkan riset terkini terkait kecenderungan sebuah bisnis. Hal ini anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Incoming search terms:

barang dagangan yang lagi trend, bisnis yang sedang trend, barang yang sedang trend, 

Tips Mudah Melihat Trend Bisnis yang Sedang Hangat | Scareface | 4.5