Tips Mendapatkan Modal Pinjaman dari Bank

Ketika anda sedang memulai sebuah usaha ataupun anda hendak mengembangakan usaha yang sedang anda geluti, maka mengajukan pinjaman kredit kepada lembaga perbankan adalah pilihan yang sangat tepat. Meskipun banyak bank yang hanya memebrikan pinjaman modal kepada pengusaha besar, masih ada juga bank yang bersedia memberikan pinjaman kepada pengusaha kecil seperti anda. Yang anda perlukan adalah langkah yang tepat dalam mengakses dana pinjaman ini yang akan dijabarkan di sini.

Approved

Hitung kebutuhan pinjaman

Sebelum mengajukan kredit ke bank, sebaiknya anda menghitung terlebih dahulu kebutuhan usaha anda, mulai dari perlengkapan, periklanan, pemasaran, gaji dan sebagainya. Termasuk di dalamnya ketika anda hendak membeli sebuah kendaraan operasional. Setelah anda selesai menghitung semuanya, kurangi dengan modal awal yang saat ini sudah anda punyai, maka jumlah itulah kebutuhan modal yang akan anda ajukan kepada pihak bank.

Pilih jaminan yang tepat

Umumnya bank akan meminta jaminan kepada anda. Walau ada juga dengan program Kredit Tanpa Agunan yang tanpa jaminan. Semakin besar kredit yang anda ajukan, maka semakin besar juga jaminan yang harus anda sediakan. Dan ketika anda terlihat serius dalam menjaminkan barang yang anda miliki, maka dari pihak bank pun juga akan lebih mudah dalam memberikan kredit kepada anda.

Buat rencana bisnis

Rencana bisnis ini adalah salah satu syarat yang akan dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak bank. Oelh karena itu buatlah rencana bisnis yang detail dan jelas. Rencan bisnis ini harus mencangkup proyeksi keuntungan, rencana pembayaran, rincian pesang, resume perusahaan, dan sebaginya.

Riset bank

Untuk mengajukan kredit ini, anda tidak asal memilih bank. Namun pilihlah bank yang memang sering memeberikan kredit kepada pengusaha sekelas anda. Dengan begitu peluang untuk disetujuinya kredit yang anda ajukan akan semakin terbuka lebar.

Catatan kredit

Apabila anda pernah meminjam kredit di bank lain, usahakan anda memiliki catatan kredit yang baik dan melunasi tepat waktu. Sebab ketika anda memiliki catatan kredit yang buruk, maka kemungkinana besar pengajuan modal pinjaman anda akan tertolak semakin besar.

Yakinkan surveyor

Ini adalah langkah terkahir sebelum pihak memberikan pinjaman modal kepada anda. Pihak bank akan mengirimkan surveyor ke lokasi anda untuk melihat secara langsung usaha anda. Dan tugas anda anda adalah menyakinkan kepada surveyor bahwa usaha anda ini layak mendapatkan pinjaman modal. Jawablah setiap pertanyaan dengan yakin dan spesifik. Dan ketika andabisa menyakinkan surveyor ini, maka peluang mendapatkan modal pinjaman sudah semakin dekat.

Tips Mendapatkan Modal Pinjaman dari Bank | Scareface | 4.5