Tips Mendapatkan Kredit untuk Usaha Kecil Menengah

Urusan modal memang seringkali menjadi kendala utama di dalam mengembangkan sebuah usaha. Terutama bagi anda yang baru saja memulai usaha tersebut. Padahal anda ingin lebih menguatkan modal anda. Opsi yang bisa menjadi solusi adalah untuk mengembangkan UKM anda, salah satunya adalah mengajukan kredit usaha rakyat atau kredit bisnis ke bank/lembaga keuangan. Namun masih banyak pengusaha pemula yang merasa takut bahkan pesimis ketika harus meminjam kredit, karena ragu apakah akan diterima atau tidak. Berikut ada beberapa tips untuk memudahkan anda dalam mendapatkan kredit untuk mengembangakan usaha kecil anda.

kredit ukm

Anda perlu membuat sedikit riset atau mencari tahu bank-bank mana saja yang memiliki layanan Kredit Usaha Rakyat ataupun kredit bisnis dalam bidang yang sedang anda geluti. Pada umumnya bank yang bersangkutan sudah tahu pasti seluk beluk, target pasar, serta resiko dari bisnis anda. Jadi, pengajuan kredit yang anda usulkan kemungkinan besar akan disetujui.

Anda juga perlu mempersiapkan beberapa dokumen untuk melakukan proses pengajuan kredit tersebut. Beberapa persyaratan dokumen yang harus anda siapkan adalah:

  • Identitas diri, seperti KTP, KK, dan Keterangan Domisili
  • Legalitas dari usaha anda yang menyangkut data usaha dan akte pendirian usaha
  • Surat izin usaha, meliputi SIUp, TDP, HO, izin gangguan, dsb
  • Laporan keuangan dari usaha anda
  • Proposal usaha
  • Syarat lain tergantung dari bank yang bersangkutan
  • Anda juga perlu mempersiapkan jaminan jika dibutuhkan (utk KTA dan KUR ritel tidak berlaku)

Persiapakan juga diri anda untuk wawancara dengan Account Officer (AO). Biasanya dilakukan di kantor atau bisa juga via telepon. Anda harus meyiapkan jawaban atas berbagai macam pertanyaan yang diajukanterkait usaha anda, target pasar, prospek usaha, omset saat ini, dan lain sebagainya. Serta terangkan secara jelas terkait dana modal yang anda butuhkan, kemudian bagaiman rencana penggunaannya, dan juga rencana pegembaliannya.

Jika usaha anda masih tergolong kecil, maka akan lebih baik jika anda memilih Kredit Usaha Rakyat yang sudah dijamin oleh pemerintah dan persyaratnnya juga lebih mudah. Namun jika usaha anda sudah tergolong usaha menengah dan bankable dengan pengelolaan dan pembukuan yang baik, maka kredit bisnis adalah pilihan yang tepat, walau dengan persyaratan yang lebih banyak.

Itulah sedikit tips untuk mempermudah anda dalam mengajukan kredit kepada bank. Dengan menerapkan cara tersebut, peluang kredit anda akan diterima akan lebih besar. Namun proses dan persyaratan yang diberikan oleh setiap bank biasanya berbeda. Jadi anda jangan pututs asa, ketika salah satu bank belum menyetujui kredit anda. Masih ada bank lain yang siap menerima anda.

Tips Mendapatkan Kredit untuk Usaha Kecil Menengah | Scareface | 4.5