Tips Membuka Usaha Toko Buku: Lokasi dan Kapasitas Usaha

Bagi sebagian orang, membuka usaha toko buku bukan hanya sekedar bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Usaha toko buku bisa menjadi suatu bentuk komitmen terhadap dunia ilmu pengetahuan, dengan menyajikan bahan-bahan bacaan bermutu yang dapat dijangkau dengan mudah oleh konsumen. Jika anda tertarik untuk terjun ke dunia ini, anda tentunya membutuhkan sejumlah tips membuka usaha toko buku, karena usaha ini mungkin berbeda dari usaha komersil lainnya.

cara membuka usaha toko buku

Memilih lokasi yang strategis

Lokasi dapat menentukan sukses tidaknya suatu usaha, termasuk usaha toko buku. Ada dua alternatif lokasi yang bisa anda pilih untuk membuka toko buku.

  • Pertama, jika anda tinggal di wilayah perkotaan, anda bisa memilih pusat-pusat perbelanjaan seperti mal atau supermarket. Konsumen sasaran anda adalah orang-orang yang berkunjung ke mall untuk berbelanja produk fashion atau sekedar hang out di toko buku.
  • Kedua, anda bisa membuka usaha di wilayah sekitar pusat pendidikan. Karena konsumen anda sebagian besarnya adalah kalangan intelektual, maka ‘mendekatlah’ kepada mereka, sehingga konsumen bisa lebih mudah menemukan anda.

Menentukan kapasitas usaha

Tips membuka usaha toko buku berikutnya adalah menentukan kapasitas usaha yang akan anda jalankan, tentunya sesuai dengan sumber daya yang anda miliki, baik sumber daya finansial maupun sumber daya manusia. Kapasitas usaha menentukan strategi berikutnya, khususnya strategi pemasaran.

  • Jika anda memiliki modal cukup, anda bisa membuka usaha skala besar, dengan launching besar-besaran. Strategi pemasaran yang bisa anda lakukan bisa berupa pemberian diskon pada momen-momen khusus, sayembara, spanduk, atau bahkan promosi media massa.
  • Dengan modal terbatas, anda bisa membuka usaha skala kecil. Strategi pemasaran yang bisa anda lakukan ada dengan menjalin kerja sama dengan komunitas pecinta buku, penerbit, dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan pemasaran secara online, melalui toko buku online atau jejaring sosial, untuk menjangkau lebih banyak konsumen dari berbagai darah.

Pemilihan lokasi dan kapasitas usaha adalah dua tips membuka usaha toko buku yang paling mendasar. Tentunya, dua tips ini belum bisa menjamin kesuksesan usaha anda. Anda masih harus mengembangkan sumber daya manusia, mengembangkan skala usaha, hingga menghadapi persaingan. Setidaknya, dua strategi ini cukup sebagai modal awal bagi anda untuk membuka usaha toko buku.

Tips Membuka Usaha Toko Buku: Lokasi dan Kapasitas Usaha | Scareface | 4.5