Tips Membuka Usaha Fotocopy dengan Modal Kecil

Usaha fotocopy merupakan salah satu layanan yang banyak dibutuhkan oleh kaum profesional dan pelajar atau mahasiswa di manapun. Membuka usaha fotocopy bisa dijadikan alternatif wirausaha; bahkan dengan satu atau dua mesin pun Anda sudah bisa beroperasi dan ini salah satu jenis usaha rumahan modal kecil yang dapat dilakukan. Akan tetapi, karena menggunakan mesin khusus berukuran besar, usaha fotocopy tetap saja bisa mahal. Anda harus melakukan beberapa trik agar bisa menekan modal usaha.

cara membuka usaha fotocopy

Trik Menekan Modal Usaha Fotocopy

Ingin segera membuka usaha fotocopy sendiri? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar modal yang harus Anda keluarkan tidak terlalu besar.

1. Sesuaikan Modal dengan Kebutuhan Usaha

Modal di sini maksudnya adalah jenis mesin fotocopy yang Anda beli. Jika Anda mengkhususkan usaha Anda sebagai layanan untuk anak sekolah, Anda mungkin bisa saja membeli mesin fotocopy bekas karena kebutuhan fotocopy anak sekolah tidak terlalu bervariasi. Jika Anda melayani mahasiswa di area kampus besar atau pegawai kantoran, Anda mungkin membutuhkan mesin fotocopy yang lebih bermutu.

2. Beli Mesin dari Merk Terkenal

Walaupun Anda memang sebaiknya mencari mesin yang murah, jangan terlalu murah sampai merknya pun jarang terdengar. Jika merknya jarang terdengar, Anda justru akan mengalami kesulitan ketika harus memperbaiki mesin tersebut, dan kalaupun ada suku cadang yang bisa diperoleh, harganya biasanya tinggi. Ingat, membuka usaha fotocopy juga harus mempertimbangkan efek jangka panjangnya.

3. Beli dari Toko Grosir

Untuk berbagai kebutuhan seperti kertas, peralatan kantor, pena dan barang-barang dagangan ekstra yang biasanya ikut dijual di tempat fotocopy seperti sampul, alat tulis dan buku tulis, sebaiknya dibeli di grosir alat-alat tulis karena lebih murah.

4. Pertimbangkan Jenis Tinta

Tinta fotocopy jenisnya ada bermacam-macam; tentukan jenis tinta dengan layanan yang Anda berikan. Anak sekolah dan mahasiswa mungkin tidak terlalu membutuhkan tinta berkualitas tinggi, yang penting bisa mengopi bahan atau buku teks sekolah.

 

Biaya membuka usaha fotocopy mungkin memerlukan modal usaha fotocopy yang cukup besar, tetapi dalam beberapa hal, biaya tersebut bisa ditekan. Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda bisa lumayan menghemat modal usaha.

Incoming search terms:

usaha fotocopy, bisnis fotocopy, modal usaha fotocopy, usaha foto copy, bisnis foto copy, usaha fotocopy dan alat tulis, modal usaha foto copy, buka usaha fotocopy, peluang usaha fotocopy, tips buka usaha fotocopy, 

Tips Membuka Usaha Fotocopy dengan Modal Kecil | Scareface | 4.5