Tips Memasarkan Produk Baru

Memasarkan sebuah produk baru tentunya bukan sebuah hal yang mudah. Apalagi ketika produk baru tersebut masih asing di mata masyarakat. Anda tentunya membutuhkan modal yang lebih besar, serta perjuangan yang lebih keras agar produk anda tersebut dapat menarik hati para konsumen.

Tips Memasarkan Produk Baru

Selain berpikir bagaimana cara menarik hati konsumen, anda juga harus bersaing dengan persahaan lain yang telah memasarkan produk yang sama dengan anda terlebih dahulu. Hal ini cukup memberikan tantangan yang besar bagi anda. Karena anda benar-benar membutuhkan strategi yang cocok untuk bisa tetep eksis di sebuah pasar. Akan lebih baik jika anda mampu memberikan kelebihan dibandingkan jenis produk yang serupa. Sehingga konsumen akan melirik produk yang anda sudah anda tawarkan.

Selain menciptakan sebuah produk yang lebih berkualitas, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian untuk meperkenalkan produk baru anda kepada konsumen diantaranya adalah:

  1. Lakukan riset terhadap pasara tersebut. Riset ini dilakukan untuk mengetahui potensi produk yang anda tawarkan. Jika memang potensinya sangat besar, maka anda tak perlu ragu untuk memasarkan produk anda tersebut. Namun jika ternyata respon pasar adalah negatif, maka sebaiknya lakukan evaluasi terlebih dahulu sebelum anda memasarkannya. Berikanlah nilai lebih kepada konsumen, sehingga mereka yakin dengan produk baru anda.
  2. Utamakan kebutuhan konsumen. Menawarkan sebuah produk yang dibutuhkan oleh konsumen adalah strategi yang cukup efektif. Sehingga ketika produk anda mulai diluncurkan, akan banyak konsumen yang bisa mengatasi berbagai masalah yang sedang mereka hadapi. Sehingga produk anda tidak hanya menguntungkan anda, namun juga bisa menjadi solusi bagi masalah konsumen anda.
  3. Membuat kegiatan promosi efektif. Kegiatan promosi ini menjadi hal yang sangat penting untuk mengenalkan produk baru anda kepada masyarakat. Anda perlu memeprhatikan faktor pendukung dari STP (segmentation, tergeting, positioning) serta marketing mix (product, price, place, dan promotion). Hal ini penting untuk dilakukan agar kegiatan promosi tersebut tidak melenceng dari target pasar.
  4. Berikan layanan terbaik. Pelayanan ini sangat penting, karena inilah yang akan menentukan image dari produk anda selanjutnya.Ketika pelayanan yang anda berikan kepada konsumen sangat baik, maka pasar anda akan semakin luas. Namun ketika anda memberikan pelayanan yang buruk, maka jangan heran ketika banyak konsumen yang mulai menjauhi produk anda.

Itulah beberapa tips ketika anda sedang memasarkan produk baru kepada konsumen. Kunci suksesnya adalah pantang menyerah. Ketika riset pertama gagal, maka anda harus melakukan riset ulang sampai menemukan formula yang pas bagi konsumen.

Tips Memasarkan Produk Baru | Scareface | 4.5