Tips Dahsyat Pemasaran Produk UKM

Sebuah strategi pemasaran yang tepat memang sangat dibutuhkan agar produk anda bisa dikenal oleh masyarakat luas, terutama masyarakat yang menjadi target calon konsumen anda. Namun, anda perlu mencermati bahwa strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh UKM pastinya berbeda dengan perusahaan besar, walau mungkin dalam kaidah prinsip sama.

Tips Dahsyat Pemasaran Produk UKM

Jika sebuah perusahaan besar dengan ketersediaan sumber daya dan juga keuangan yang besar pula, maka strategi yang dilakukan tentunya lebih bervariasi dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun bagi UKM yang tidak memiliki sumber daya dan budget sebesar perusahaan, maka anda perlu memilih cara yang tepat dengan cara pemasaran yang lebih sederhana namun tetap efektif.

Di dalam memutuskan sebuah strategi pemasaran yang akan diambil, anda harus mengubah pola pikir yang biasanya dimiliki oleh sebagian besar orang, seperti sebuah pertanyaan, berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan strategi pemasaran ini? Namun seharusnya anda harus berpikir, metode apa yang paling efektif untuk strategi pemasaran ini. Misalnya, ketika anda berada di lokasi lokasi pedesaan dan anda membuka jasa pembuatan web, maka penyebaran brosur tentunya tidak akan efektif walau biayanya tergolong murah. Tetapi ketika anda membuat sebuah warung makan sederhana, maka brosur adalah metode yang sangat tepat untuk anda lakukan.

Oleh karena itu, anda perlu untuk memeprhatikan target dan juga metode yang tepat. Berikut ada langkah-langkah yang bisa anda tempuh agar strategi pemasaran UKM anda bisa berjalan dengan sukses.

  • Anda perlu membuat sebuah analisis langsung yang berkaitan dengan kebiasaan dan juga perilaku calon konsumen yang ada disekitar anda yang memberikan sinyal potensial kepada produk yang anda tawarkan. Karena anda pelaku UKM, jadi anda bisa melakukan analisis sederhana dengan melakukan pengamatan langsung ke beberapa tempat umum yang ada di sekitar lokasi usaha anda, atau ke komunitas dan juga klub-klub yang berada di lingkungan anda.
  • Setelah itu, anda bisa mementukan sebuah metode apa yang tepat yang berdasar kepada kebiasaan dan juga gaya komunikasi dari target konsumen anda. Ini adalah kunci dari strategi anda, sebab anda tidak mungkin membuat semua orang tertatik dengan produk anda. Misalkan ketika anda membuka laundry di lokasi perumahan, maka metode penyebaran brosur akan lebih efektif daripada anda berpromosi lewat online.
  • Buatlah startegi cadangan, jadi ketika strategi pertama anda kurang efektif, maka anda bisa mulai untuk mendukungnya dengan strategi cadangan yang sudah anda rancang.
  • Buatlah evaluasi dengan tujuan untuk melihat seberapa efektif strategi pemasaran yang anda buat. Apakah strategi itu berhasil ataukah tidak. Untuk waktu evaluasi lebih baik jangan terlalu dekat, idealnya adalah 6 bulan, dan buat pula evaluasi tahunan untuk melihat perkembangan dari hasil strategi yang sudah anda terapkan.

Setelah anda melakukan riset dan menerapkan strategi yang tepat, maka anda harus bersabar untuk bisa melihat dari hasil strategi tersebut. Dan jika berhasil, maka usaha anda akan menjadi lebih berkembang lagi.

Tips Dahsyat Pemasaran Produk UKM | Scareface | 4.5