Tentang e-money dan Cara Bijak Menggunakannya

Seiring berkembangnya zaman membuat keberadaan tekhnologi semakin menjadi yang terdepan. Tak terkecuali dalam dunia ekonomi, saat ini e-money atau uang elektronik telah banyak menjamur dan semakin tinggi saja penggunanya. Secara sederhana e-money adalah mata uang yang berbentuk elektronik biasanya menggunakan media layaknya kartu kredit atau atm. Dengan e-money ini memeungkinkan kita untuk melakukan transaksi jual beli tanpa repot-repot membawa dan menggunakan uang cash.

cara bijak menggunakan emoney

Data menunjukkan di tahun 2013 jumlah total penggunaan emoney mencapai 2,9 triliun rupiah, mengalami peningkatan yang sangat pesat jika dibandingkan pada awal tahun peluncurannya yang hanya mencapai 5,2 miliar rupiah. Peningkatan ini tidak terlepas dari adanya pihak-pihak penyedia yang memberikan layanan e-money untuk produknya seperti layanan indomaret, alfamart, dan yang masih dirintis hingga kini seperti penggunaan e-money untuk pengguna jalan tol.

Namun hingga kini masih banyak kekurangan yang dimiliki oleh e-money ini. Mulai dari ketersedian fasilitas pendukung hingga mental masyarakat yang belum siap menggunakan e-money. Untuk itu kita perlu mengetahui cara-cara bijak menggunakan e-money sebagai pengganti mata uang fisik kita. Berikut ini beberapa cara bijak yang harus diperhatikan dalam menggunakan e-money.

Menggunakan e-money Sesuai Kebutuhan

Kemudahan yang diberikan oleh tekhnologi biasanya membuat kita terlena dalam menggunakannya, termasuk dalam menggunakan e-money ini. Biasanya pengguna e-money cenderung mengarah pada hal-hal yang konsumtif karena merasa mendapatkan kemudaan untuk bertransaksi. hal ini jelas tidak sehat bagi ekonomi kita. Untuk itu perlu ada kesadaran dalam diri kita untuk menggunakan e-money ini sesuai dengan kebutuhan kita.

Pilih produk e-money yang Memiliki jangkauan lebih Luas

Mengapa? Karena saat ini e-money ini biasanya dikeluarkan pihak-pihak tertentu untuk mempermudah transaksi dengan pihak tersebut. Untuk itu kita harus pintar memilih produk e-money yang jelas memiliki pelayanan dan ajngkauan yang lebih luas. Sehingga e-money yang kita gunakan tidak akan sia-sia karena tidak dapat menemukan layanan penyedia e-money yang kita miliki.

Waspada Terhadap harga Promo

Biasanya untuk meningkatkan penjualan dan pengguna layanan e-money nya beberapa penyedia memberikan diskon atau harga promo khusus untuk penyedia e-money. Jangan sampai promo ini memebuat kita justru menjadi boros dalam berbelanja. Selain itu harus diwaspadai dengan batasan waktu pada promo yang diberikan yang biasanya memang di set sedemikian rupa untuk membuat konsumen menjadi terlena.

Waspada terhadap biaya Tambahan

Walaupun kita tidak peru lagi mengeluarkan uang cash, tetap saja ini tidak mengurangi kita untuk teta waspada dalam melihat struk belanjaan kita. Jangan sampai kita tidak mengetahui jika ternyata ada biaya tambahan yang ditanggungkan kepada kita. Karena kecurangan oknum juga bisa saja terjadi. Untuk itu lebih teliti dalam menggunakan e-money tentu bukanlah hal yang sia-sia.

 

Tentang e-money dan Cara Bijak Menggunakannya | Scareface | 4.5