Syarat UMKMK Penerima Dana KUR

Anda mungkin sudah mengetahui jika yang bisa menikmati kredit atau pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah mereka yang bergerak di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK). Namun beberapa pengusaha belum mengerti dan paham batasan-batasan UMKMK itu sendiri. Padahal, pengusaha UMKMK merupakan yang dilindungi dan sebagai target penyaluran dana KUR. Dengan demikian, dana KUR tidak salah sasaran dan dapat dinikmati oleh pengusaha UMKMK yang sebenar-benarnya. Oleh karena itu, berikut akan dibahas secara singkat satu per satu dari syarat dan ciri UMKMK penerima dana KUR.

syarat penerima KUR
Usaha mikro
Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria, antara lain memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50.000.000. hal itu tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha yang didirikan. Atau bisa dicirikan usaha yang memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300.000.000.

Usaha kecil
Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar. Kriteria dari usaha kecil, antara lain memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp50.000.000 hingga Rp500.000.000 (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp300.000.000 hingga Rp2.500.000.000.

Usaha menengah
Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha besar. Jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan yang memenuhi kriteria dari usaha menengah, antara lain memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp500.000.000 hingga Rp10.000.000.000 (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp2.500.000.000 hingga Rp50.000.000.000.

Koperasi
Koperasi adalah sebuah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi. Koperasi merupakan gerakan ekonomi kerakyatan yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Itulah pengertian, batasan, dan ciri-ciri dari UMKMK. Anda sekarang yang memiliki sebuah usaha, cobalah meneliti lebih lanjut apakah termasuk dalam kriteria UMKMK, seperti tulisan di atas atau bukan. Jika sesuai dengan kriteria, tidak ada salahnya Anda mengajukan permohonan KUR pada salah satu bank pelaksana di tempat tinggal Anda. Dengan tujuan, usaha yang Anda miliki sekarang dapat berkembang lebih besar dengan keuntungan yang didapat juga tinggi. Jika banyak pengusaha UMKMK yang menerima dana KUR hingga tingkat serapannya tinggi, tujuan pemerintah untuk menyejahterakan seluruh penduduk Indonesia dapat segera terwujud.

Syarat UMKMK Penerima Dana KUR | Scareface | 4.5