Syarat Menggadaikan Emas Di Pegadaian Syariah

Syarat menggadaikan emas di pegadaian syariah memang sangat perlu untuk dipenuhi agar nantinya semua proses untuk menggadaikan emas tersebut bisa berjalan dengan baik dan juga lancar. Kebutuhan sekarang ini memang semakin banyak dan juga tinggi, oleh karena itu untuk bisa memenuhi kebutuhan harus melakukan beberapa hal. Salah satu hal yang sering kali dilakukan oleh masyarakat adalah dengan membuka suatu usaha, namun untuk usaha sendiri tentu saja membutuhkan modal. Dan untuk mendapatkan modal itu sendiri yang memang cukup sulit, oleh karena itu sebagian besar orang meminjam modal ke bank atau dengan menggadaikan sesuatu di pegadaian.

cara menggadaikan emas di pegadaian syariah

Salah satu barang yang sering kali digadaikan untuk memenuhi kebutuhan sendiri biasanya adalah emas, emas merupakan barang / asset yang sangat berharga sehingga dijadikan sebagai jaminan untuk bisa mendapatkan uang. Dan sebagian besar orang yang ingin menggadaikan emasnya memilih ke pegadaian syariah karena tidak dikenakan bunga karena memang sistem yang diambil adalah berbasis syariah atau ajaran islam sehingga tidak mengenal yang namanya bunga karena hal tersebut merupakan riba.

Selain itu juga nantinya masyarakat bisa mendapatkan pinjaman uang dalam jangka waktu yang pendek. Namun di dalam menggadaikan emas sendiri juga harus memenuhi beberapa persyaratan, oleh sebab itu kali ini kita akan membahas mengenai persyaratan tersebut.

Syarat Menggadaikan Emas

Untuk masyarakat yang ingin menggadaikan emasnya sendiri bisa mengikuti program gadai emas syariah di perbankan syariah karena nantinya masyarakat tersebut akan mendapatkan keuntungan, begitupun dengan pihak pegadaian karena melalui sebuah kesepakatan terlebih dahulu. Selain itu nantinya emas tersebut akan lebih aman karena selama surat – surat sudah lengkap dan masih berada dalam pegadaian, maka nantinya akan menjadi tanggung jawab dari pihak pegadaian. Namun sebelum mengikuti program gadai emas tersebut, Anda juga perlu untuk mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi dalam menggadaikan emas. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa syarat menggadaikan emas di pegadaian:

  1. Syarat yang pertama tentu saja Anda harus membawa emas yang ingin digadaikan tersebut, hal tersebut karena nantinya emas yang akan digadaikan itu sendiri harus disimpan oleh pihak pegadaian dan Anda akan mendapatkan uang pinjaman sesuai dengan nilai emas tersebut.
  2. Kemudian syarat yang kedua adalah melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan, salah satu dokumen yang dibutuhkan biasanya adalah fotokopi KTP sebagai identitas sehingga nantinya jika terdapat suatu masalah dapat segera diatasi dengan baik. Kemudian selain fotokopi KTP juga mengisi beberapa dokumen yang diajukan oleh pihak pegadaian itu sendiri dan yang terpenting adalah jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  3. Lalu yang ketiga adalah membayar biaya administrasi sesuai dengan yang diajukan oleh pihak pegadaian. Untuk biayanya sendiri juga bervariasi tergantung dari berat emas sampai dengan waktu penggadaian. Membayar biaya administrasi sendiri juga memang wajib untuk dipenuhi.

Tips Menggadaikan Emas Di Pegadaian Syariah

Jadi itulah beberapa syarat yang mendasar dalam menggadaikan emas di pegadaian, agar di dalam prosesnya cepat dan lancar, maka Anda juga harus mengikuti prosedur yang ada. Membayar biaya administrasi sendiri juga merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan karena di dalam proses penanganan tentu saja membutuhkan biaya. Jadi memang jika ingin semuanya berjalan dengan lancar mulai dari proses sampai dengan mendapatkan dana yang diinginkan, Anda memang harus memenuhi semua syarat menggadaikan emas di pegadaian.

Syarat Menggadaikan Emas Di Pegadaian Syariah | Scareface | 4.5