Strategi yang Harus Dihindari para Pengusaha

Gagal adalah sebuah resiko yang harus ditanggung oleh setiap pengusaha. Namun dengan kegagalan ini, akan membuat pengalaman anda bertambah. Berbagai macam halangan dan rintangan dalam menjalankan sebuah usaha membuat anda harus berpikir keras agar kelak tidak jauh ke dalam lubang kegagalan yang sama.

kendala-bisnis

Oleh karena itu, anda perlu menghindari beberapa strategi yang akan membuat anda mengalami sebuah kegagalan di dalam menjalankan bisnis anda. Anda harus menghindarinya supaya bisnis anda bisa berjalan dengan lancar. Beberapa strategi yang harus anda hindari diantaranya adalah:

Terlalu Konsumtif

Ketika anda sedang mengawali sebuah bisnis, terkadang anda akan mengalami fase dimana anda akan sangat bersemangat untuk membelanjakan uang anda. Hal ini membuat modal yang seharusnya bisa anda tekah seminimal mungkin, malah menjadi over budget disebabkan anda membeli beberapa perlengkapan ataupun bahan baku yang sebenarnya pada waktu itu belum terlalu mendesak.

Terlalu Tergesa-gesa Saat Berhutang

Kebiasaan yang terlalu tergesa-gesa dalam berhutang dalam menjadi bumerang bagi usaha anda. Apalagi ketika anda melakukannya saat anda baru saja membangun usaha tersebut yang belum bisa berjalan dengan lancar. Dengan berhutang kepada bank atau lembaga keuangan, hanya akan menambah beban anda, ketika omset yang anda dapatkan juga belum pasti. Berhutang akan menjadi pilihan yang tepat di saat usaha anda sudah berjalan lancar dan anda berpikiran untuk ekspansi.

Kurang Profesional

Setiap usaha harus dijalankan dengan profesional, sekecil apapun usaha anda itu. Anda harus belajar mengatur tanggung jawab layaknya anda adalah seorang pemimpin perusahaan besar. Anda harus mulai untuk belajar memisahkan urusan perusahaan dengan urusan pribadi. Anda juga harus mulai belajar untuk memisahkan keuangan perusahaan dengan keuangan pribadi, dan lain sebaginya. Jika tidak, maka usaha yang sedang anda geluti bisa mengalami masalah yang serius.

Mengutamakan Produksi Daripada Pemasaran

Ketika sedang merintis usaha, banyak para pengusaha yang lebih mengutamakan produksi dibandingkan pemasaran. Sehingga banyak pengusaha yang mengalami kesulitan dalam pemasaran padahal produknya sudah menumpuk. Sehingga anda perlu berpikir lebih matang tentang strategi pemasaran yang jitu, agar produk anda semakin banyak dikenal orang. Sehingga jumlah produksi yang semakin banyak juga didukung strategi pemasaran yang jitu.

Ekspansi Tanpa Persiapan

Banyak sekali pengusaha yang ingin segera mengembangkan sayap dalam waktu yang singkat. Namun keinginannya itu tidak dibarengi dengan manajemen yang bagus. Sehingga hal ini justrus menjadi pemicu munculnya berbagai masalah baru, dengan resiko yang lebih besar. Sehingga tak jarang banyak pengusaha yang mengalami kegagalan dalam hal ekspansi ini.

Jika anda ingin sukses menjalankan bisnis anda, maka sebuah perencanaan yang matang sangatlah penting. Anda perlu banyak membaca dan mencari pengalaman agar anda tidak jatuh 2 kali ke dalam lubang kegagalan yang sama.

Strategi yang Harus Dihindari para Pengusaha | Scareface | 4.5