Siapa bilang kerja harus keluar rumah?

Siapa bilang kerja harus keluar rumah? Didalam rumah anda juga bisa kerja. Menulis bukan hal yang sulit untuk dilakukan, Jika anda bisa membaca berarti anda juga bisa menulis. Menulis juga bisa memberikan penghasilan, memang sulit menjadikan menulis sebagai penghasilan utama, tetapi bukan berarti tidak bisa.  Banyak sekali contoh orang yang memiliki penghasilan dari menulis sebagai penghasilan seperti Raditya Dika, Salim A fillah, Darwis Tere Liye dan masih banyak lagi.

usaha penulis artikel

Tidak perlu harus memiliki modal yang besar, menulis merupakan peluang bisnis yang murah tanpa biaya, kita hanya menuliskannya didalam komputer kemudian mengirimkannya lewat e-mail. Memang tidak semudah yang kita bayangkan namun tidak sedikit orang yang sudah berhasil menjadi penulis blog yang tulisannya sering dikutip orang lain dan telah menerbitkan buku dan mampu bersaing dipasaran, *yah meski masih pasar dalam kota :p* kenapa tidak? kita tidak pernah tahu hasilnya jika kita tidak pernah mencoba, banyak dari kalangan kita yang pintar menulis namun tidak punya tempat untuk menampung tulisannya. Berikut ini beberapa cara dan tempat yang bisa menampung tulisan anda dan bisa memberikan penghasilan untuk anda.

 

Ikut Komunitas Nulis Buku

Komunitas Nulis bukan hal yang baru, sudah banyak di media sosial, mau komunitas nasional, dalam kota, luar kota termasuk dalam sebuah universitas ada komunitas nulis buku, memang komunitas ini terkesan hanya sang kutu buku yang boleh masuk, jadi banyak penulis pemula yang pemalu yang tidak memberanikan diri bergabung didalamnya. Padahal dalam komunitas nulis buku anda tidak hanya mendapatkan pemahaman tentang menulis buku dengan baik dan benar, tetapi juga tulisan anda bisa dibuku-kan dan di uang kan. Sudah banyak komunitas buku yang sudah berhasil menerbitkan buku dan memberikan royalti kepada penulisnya. Tetapi untuk mengikuti komunitas nulis buku anda tidak bisa hanya diam dirumah jadi mungkin anda perlu mengeluarkan dana untuk melakukannya.

 

Ikut Lomba Menulis

Lomba menulis dengan hadiah yang lumayan? kita sering melihat tawaran ini namun tidak berani untuk mengikutinya karena malu, jadi sampai kapan malu akan menutup dirimu? Mengikuti lomba menulis sangat mudah, anda bisa lakukan hanya dirumah, menghadap komputer dan mulai menuliskan sesuatu sesuai dengan instruksi lomba tersebut kemudian mengirimkan hasilnya, tidak menemukan ide? Sering dijadikan alasan mengapa seorang penulis malas mengikuti lomba, padahal ide itu muncul berkat dorongan dari dirinya sendiri, terkadang memang saat anda tidak percaya dengan diri anda bisa maka begitu banyak alasan untuk menolak melakukannya. Setidaknya saat anda gagal memenangkannya, anda sudah berhasil menulis sesuatu. Mungkin mengikuti lomba menulis juga mengeluarkan dana meskipun tidak sebesar dana mengikuti komunitas, karena biasanya pihak yang mengadakan lomba akan meminta kita mengirimkan hard-copy tulisan kita ke alamat yang sudah dituliskan melalu POS.

 

Jadi penulis artikel

Penulis artikel? Mungkin hal ini baru ada setelah perubahan zaman yang mulai canggih, kini banyak tawaran untuk menulis artikel bermunculan. Anda hanya perlu mempromosikan diri anda dalam grup blogger yang ada pada facebook dengan menggunakan bahasa yang baik. Kemudian jika ada yang tertarik anda akan diminta untuk menulis artikel dan mengirimnya lewat e-mail tentu saja setiap tulisan artikel yang anda buat akan dihargai sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Bisnis menulis artikel ini bisa dibilang bisnis yang tanpa modal karena Anda hanya memerlukan internet dan komputer, sederhana bukan? Jadi anda tidak perlu repot untuk mengikuti komunitas nulis yang belum tentu bisa memberikan anda penghasilan atau mengikuti lomba yang belum tentu menang, bagaimana tertarik?

Siapa bilang kerja harus keluar rumah? | Scareface | 4.5