Rp 137 triliun Dana KUR Telah Cair

Semakin banyaknya dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang cair, berarti dapat diindikasikan bahwa program ini berjalan sukses. Sudah banyak pengusaha Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) yang menerima dana KUR. Mereka telah berhasil mengembangkan usahanya setelah mendapat kucuran KUR. Bukan hanya itu, tak sedikit cerita sukses dari pengusaha UMKMK yang sudah berpenghasilan lebih banyak dari sebelumnya. Dengan demikian, kesejahteraan hidup mereka yang bergelut di bidang UMKMK akan lebih baik.

jumlah dana KUR yang cair

Data dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarif Hasan mengatakan, hingga akhir tahun 2013, Kredit Usaha Rakyat yang sudah dicairkan mencapai Rp 137 triliun untuk 10,42 juta nasabah. Sang menteri juga mengatakan, angka itu akan terus meningkat seiring dengan target pemerintah untuk mencapai 2 persen jumlah pengusaha di Indonesia.

Perlu Anda ketahui bahwa pada tahun 2006 – 2007, jumlah wirausaha di Indonesia masih di bawah 1%, dan saat ini baru sekitar 1,6%. Padahal yang bagus dalam suatu negara, jumlah wirausaha minimal 2%. Hal ini menjadi acuan pemerintah dalam melaksanakan program-program strategisnya, terutama untuk meningkatkan angka pertunbuhan ekonomi di Indonesia. Pemerintah akan terus mendorong dan mendukung para wirausaha-wirausaha untuk berkiprah di Indonesia. Dengan keberadaan mereka, berbagai masalah, seperti engka pengangguran dan kemiskinan yang masih tinggi akan segera terselesaikan.

Indonesia butuh wirausahawan muda

Indonesia sangat membutuhkan wirausahawan-wirausahawan muda yang berbakat untuk menyongsong ekonomi bebas di kawasan ASEAN. Dengan pasar bebas tersebut, berbagai produk dari negara lain akan leluasa dijual bebas di Indonesia, begitu juga produk dari Indonesia. Faktor daya saing yang terkait dengan kualitas dan kuantitas sebuah produk sangat berpengaruh.

Untuk mendukung para wirausaha muda, pemerintah sudah mrnggulirkan program KUR. Bahkan pada tahun 2014 ini, pemerintah sudah merencanakan untuk menggelontorkan Rp 38 triliun dana KUR untuk pelaku wirausaha di Tanah Air. Pasalnya, wirausahawan sangat berpotensi dalam memajukan dan mengembangkan UMKMK dalam perekonomian di Indonesia. sementara itu, untuk memberikan kemudahan bagi para pengusaha pemula di bidang UMKMK, pemerintah membuat program diversifikasi Kredit Usaha Rakyat. Artinya, jika sebelumnya kredit UMKMK hanya untuk modal kerja, tetapi dengan program diversifikasi ini bisa digunakan untuk investasi dengan batas minimal pinjaman Rp 20 juta. Semua pengusaha UMKMK dapat memperolehnya pada bank pelaksana di sekitar tempat tinggalnya.

Dalam bentuk investasi, seorang pengusaha dapat lebih bebas untuk menggunakan dana yang didapatkannya untuk lebih mengembangkan usahanya. Namun demikian, prosesnya tetap harus dipertanggungjawabkan terutama pada bank pelaksana, agar pengembalian kredit tetap berjalan lancar. Program diversifikasi KUR ini patut diapresiasi seluruh rakyat Indonesia karena secara langsung atau tidak dapat membuat lebih sejahtera.

Rp 137 triliun Dana KUR Telah Cair | Scareface | 4.5