Persyaratan Memperoleh Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tanpa Jaminan

Persyaratan Memperoleh Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tanpa Jaminan – Anda pasti sudah mengenal yang namanya kredit usaha rakyat yang disingkat KUR. Kredit usaha rakyat merupakan kredit dari program pemerintah dalam memberdayakan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah agar bisa lebih mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih besar lagi. Sejauh jauh-jauh hari pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar triliunan rupiah untuk melaksanakan program KUR. Dalam menyalurkan kredit ini, pemerintah menjalin kerjasama dengan beberapa bank. Seperti bank pemerintah maupun swasta. Adapun bank yang ditunjuk untuk menyalurkan kredit usaha rakyat antara lain BRI, BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Bukopin, dan lain-lain.

Persyaratan Memperoleh Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tanpa Jaminan

Persyaratan Memperoleh Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tanpa Jaminan

Kredit usaha rakyat disalurkan untuk para pelaku usaha kecil baik di perkotaan maupun pedesaan. Dan kredit ini bukan untuk keperluan konsumtif. Namun untuk kepentingan usaha yang sifatnya produktif. Usaha yang berhak mendapatkan kredit KUR adalah usaha kecil, usaha menengah, usaha mikro dan koperasi. Pemerintah melaksanakan program kredit usaha rakyat ini karena besarnya jumlah usaha kecil di Indonesia sebagai tulang punggung ekonomi negara sekaligus banyaknya usaha kecil yang layak dibiayai bank namun belum bankable disebabkan laporan keuangan yang tidak memadai.

Persyaratan Memperoleh Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tanpa Jaminan
Menurut pengamatan penulis di lapangan, banyak para pelaku usaha kecil mikro dan menengah memilih meminjam uang dengan kredit usaha rakyat (KUR). Seperti tukang bakso, pedagang martabak, pedagang sate, penjual sate, penjual pulsa, dll. Hal ini dikarenakan kredit usaha rakyat memiliki tingkat suku bunga yang sangat rendah serta tanpa harus memberikan jaminan apapun seperti surat berharga, mobil, tanah dll. Karena kebanyakan usaha kecil tidak memiliki jaminan sebesar itu. Oleh sebab itu, pemerintah sendiri yang menjadi penjamin dari KUR melalui lembaga penjamin kredit yang ditunjuk pemerintah.

Syarat utama untuk memperoleh kredit usaha rakyat antara lain pelaku usaha kecil tidak sedang dalam proses menerima kredit dari lembaga perbankan pemerintah maupun swasta. Namun jika kredit yang diterima berupa kredit konsumsi seperti KPR, kartu kredit, kredit pemilikan rumah dan mobil, dan kredit konsumtif lainnya maka pelaku usaha kecil itu diperbolehkan untuk mendapatkan dana KUR yang besarannya bisa sampai Rp. 500 juta.

Adapun persyaratan yang dibutuhkannya antara lain fotocopi Kartu Keluarga, KTP, NPWP, SKDU, SIUP, surat keterangan usaha dari pemerintahan setempat, dan lain-lain. Jika diminta bank maka biasanya melampirkan jaminan seperti sertifikat tanah, rumah, BPKB motor atau mobil, dll. Hal itu sebenarnya tindakan tidak sah oleh bank. Karena dana KUR sudah ditegaskan oleh pemerintah bahwa tanpa jaminan apapun. Karena pemerintah sendiri sebagai penjaminnya.

Itulah Paxil online persyaratan memperoleh dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa jaminan. Semoga bermanfaat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kredit usaha rakyat bisa menghubungi kantor bank terdekat atau membuka website resmi bank BRI, BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, Bukopin, dll.

Baca juga :

Dana Usaha KUR Dari BRI

Persyaratan Memperoleh Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tanpa Jaminan | Scareface | 4.5