Pentingnya Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

Di zaman yang serba modern ini diman teknologi berkembang dengan sangat pesat, membuat pelanggan tidak lagi hanya berhubungan dengan perusahaan anda, namun merka juga secara tidak langsung berhubungan dengan pelanggan yang lain. Ketika ada pelanggan yang merasa kecewa dengan sebuah pelayanan perusahaan, maka pelanggan tersebut akan sangat mudah menyebarkan kekecewaannya itu melalui blog, facebook, dan lain sebagainya. Akibatnya informasi tersebut cepat menyebar kepada pelanggan dan juga calon pelanggan, yang bisa mengakibatkan image baik sebuah perusahaan yang sudah dibangun sekian lama, bisa berubah menjadi buruk dalam sekejap.

Pentingnya Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

Oleh karena itu, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan adalah sebuah hal yang sangat penting. Menjalin hubungan itu tidak selalu dengan menawarkan produk. Anda bisa berbicara terkait hal lain yang bisa memberikan sebauh kemanfaatan bersama. Dengan begitu, pelanggan akan semakin percaya kepada anda dan tentunya akan mencari produk anda kembali ketika suatau saat ia membutuhkannya.

Hal penting yang perlu anda ingat adalah pelanggan bukanlah target penjualan. Menjalin hubungan yang baik bahkan lebih penting daripada hanya sekedar menjadikannya sebagai target penjualan. Mengapa? Sebab ketika hubungan yang baik sudah tercipta, maka barang apa saja yang anda tawarkan pasti mereka akan menerimanya. Inilah yang disebut dengan Relationship Marketing. Strategi ini bisa mempertahankan hubungan bisnis jangka panjang tidak hanya kepada pelanggan, namun juga kepada distributor, penyalur, dan sebagainya.

Membangun hubungan yang benar-benar dekat dengan pelanggan memang bukan suatu hal yang mudah. Apalagi ketika anda memiliki ratusan atau bahkan ribuan pelanggan. Oleh karena itu, ada cara yang tepat bagaiman menjalin hubungan dekat dengan banyaknya pelanggan yang anda miliki. Salah satu caranya adalah dengan cara membangun Customer Relationship Management (CRM)

CRM ini akan menyimpan semua database pelanggan yang anda miliki, dan bahkan ada juga yang berbentuk profil yang berisi informasi lengkap terkait data pelanggan. Dengan data yang lengkap ini, anda bisa memperlakukan pelanggan sesaui dengan kondisi personal masing-masing, sehingga hubungan dekat itu bisa anda wujudkan.

Incoming search terms:

jelaskan pentingnya menjalin hubungan baik dengan kolega dan pelanggan, jelaskan pentingnya menjalin, 

Pentingnya Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan | Scareface | 4.5