Peluang Cerdas Bisnis Cuci Motor

Pernahkan anda menghitung jumlah motor yang ada di lingkungan sekitar anda? Pernahkah anda menghitung jumlah motor yang lalu-lalang di jalan raya dekat rumah anda? Tentunya sangat banyak, dan bahkan setiap tahun pengguna motor dan juga mobil ini selalu bertambah. Melihat kondisi ini, adalah peluang yang tepat ketika anda mendirikan usaha cuci motor. Asumsikan saja anda bisa mengambil sekitar 10% dari banyaknya pengguna motor yang ada di lingkungan sekitar anda dan anda kalikan dengan keuntungan bersih setaip motor minimal Rp 1.000 s/d Rp 2.000 saja. Berapa keuntungan yang akan anda perloleh?

Peluang Cerdas Bisnis Cuci Motor

Mengapa usaha cuci motor ini sangat prospektif? Sebab selain banyaknya kendaraan bermotor dan semakin bertambah setiap tahun, tidak semua orang itu memiliki sifat rajin. Sehingga tidak semua orang mau membersihkan dan mencuci motornya sendiri. Atau mungkin mereka tak ada waktu untuk membersihkan motor mereka sendiri. Peluang inilah yang bisa anda manfaatkan dengan membuka jasa pencucian motor.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika hendak mendirikan usaha cuci motor adalah sebagai berikut:

Tempat

Lokasi yang strategis tentunya akan memberikan peluang anda untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Jadi usahakan mencari tempat yang ramai lalu-lalang kendaraan bermotor. Selain itu juga ukuran tempat, semakin luas maka akan semakin baik karena anda bisa menampung motor dan mobil lebih banyak. Untuk menghemat pengeluaran karena anda baru saja memulai usaha ini, maka anda bisa menyewa tempat yang muat dengan 3 motor dan 2 mobil. Mengapa menyewa? Karena selain biayanya lebih murah daridapa membeli langsung, anda juga bisa berpindah tempat ketika tempat ini kurang ramai.

Modal

Untuk memulai usaha cuci motor ini memang membutuhkan modal yang tak sedikit, terutama untuk membayar sewa tempat. Selain itu harga peralatan yang digunakan untuk mencuci motor dan mobil seperti penyemprot, sikat, lap, selang dan sebagainya juga tidaklah murah. Di sinilah anda membutuhkan sebuah kejelian di dalam menentukan tempat usaha. Dengan sedikit survey, anda bisa memprediksi kira-kira seberapa besar konsumen yang akan berkunjung ke tempat anda.

 Karyawan

Ketika semuanya sudah anda pertimbangan dengan matang, maka yang terakhir adalah mempertimbangkan jumlah karyawan. Untuk masa awal, anda bisa menerapkan sisitem komisi agar pengeluaran anda tidak terlalu besar. Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk mendongkrak kinerja karyawan anda. Besarnya tergantung kesepakatan saja. Selain itu, akan lebih baik ketika anda juga memberikan tip tambahan ketika kinerja mereka baik, dan berikan THR ketika menjelang hari raya. Kemudian untuk meningkatakan keprofesionalan mereka, akan lebih baik ketika anda membuatkan training terkait mencuci yang benar dan juga training dalam melayani pelanggan dengan baik.

Peluang Cerdas Bisnis Cuci Motor | Scareface | 4.5