Modal Usaha UKM dari Kemitraan BUMN

Untuk mendapatkan tambahan modal bagi pelaku UKM, selain memanfaatkan lembaga keuangan seperti bank, sebenarnya masih ada alternatif lain yang bisa untuk anda gunakan. Sebenarnya banyak perusahaan yang pengalokasian dana sosialnya diberikan kepada para UKM, termasuk dalam bentuk sebuah pembiayaan.

Modal Usaha UKM dari Kemitraan BUMN

Program ini ada pada perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta. Dan sebenarnya, perusahaan yang memiliki status sebagai BUMN (badan Usaha Milik Negara) mempunyai kewajiban dimana ia harus menyisishkan sebagaian laba yang ia peroleh untuk mengembangkan serta membina UKM yang ada di lingkungan sekitarnya.

Oleh karena itu, ini adalah sebuah kesempatan bagi para pelaku UKM untuk menjadi mitra BUMN yang berada di lokasi usahanya. Dengan begitu para pelaku UKM bisa mendapatkan dana pinjaman lunak. Tujuan dari PKBL ini adalah memang membuat UKM menjadi lebih tangguh lagi dan juga bankable, sehingga mereka kelak bisa memanfaatkan lembaga keuangan untuk mendapatkan dana kredit yang lebih besar.

Untuk pola kemitraan yang bisa dijalin dengan BUMN ini ada 4 cara, yaitu:

  1. Pembinaan langsung, yang mana BUMN yang bersangkutan langsung menyalurkan dana pinjaman tersebut dan juga melakukan pendampingan teknis secara langsung dengan mitra yang menjadi binaan
  2. Kerjasama dengan BUMN lain. Di sini BUMN akan memberikan dana pinjaman modal kepada mitra binaan dari BUMN yang lain, sedangkan BUMN yang memiliki mitra tersebut berlaku sebagai penjamin dari kredit dana lunak yang diperoleh mitra binaannya.
  3. Kerjasama dengan perbankan. Bentuk kerjasama ini dapat berupa channeling ataupun executing.
  4. Pola satuan kerja, dimana BUMN bekerjasama dengan Pemerintah (Pemda) dengan membentuk sebuah satuan kerja yang memang bertugas untuk melakukan menyeleksi dan juga mengususlkan beberapa usaha kecil yang pantas untuk menerima dana pinjaman lunak tersebut.

Jika dilingkungan anda BUMN yang memberikan dana lunak secara langsung, maka anda bisa mengajukan proposal pengajuan dana pinjaman lunak dengan BUMN terkait. Biasanya syarat yang harus dipenuhi secara umum adalah latar belakang usaha yang lengkap dan ringkas. Ada pula yang memebri syarat harus berdiri minimal 1 tahun disertai dengan laporan keuangan yang jelas pula. Dan biasanya usaha yang bisa mendapatkan dana pinjaman lunak ini adalah usaha yang kekayaan bersihnya tidak lebih dari Rp 200 juta serta hasil penjualan tahunannya juga tidak lebih dari Rp 1 milyar. Dan beberapa syarat lain tergantung dari BUMN terkait.

Incoming search terms:

Pinjaman Lunak BUMN, kredit lunak untuk usaha kecil, Dana lunak, pinjaman lunak untuk usaha, 

Modal Usaha UKM dari Kemitraan BUMN | Scareface | 4.5