Mengetahui Pengertian Dan Keuntungan Bank Syariah

Pengertian dan keuntungan bank syariah kali ini akan kita bahas agar nantinya jika Anda ingin menggunakan layanan / produk dari bank syariah akan lebih jelas dan juga mengerti. Namun sebelum membahas mengenai hal tersebut, ada baiknya jika kita mengenali tentang bank syariah secara umum terlebih dahulu. Bank syariah sendiri memang sesuai dengan namanya yaitu syariah yang mana menganut ajaran islam yang tidak menerapkan sistem adanya bunga karena sistem adanya bunga tersebut merupakan salah satu jenis riba yang mana dalam agama islam riba merupakan suatu hal yang sangat melanggar hukum islam dan juga sangat merugikan masyarakat.

pengertian bank syariah

Pada dasarnya fungsi dari bank sendiri adalah untuk menyimpan uang, memberikan layanan jasa pengiriman uang dan juga peminjaman uang. Oleh karena itu di dalam bank syariah harus ada yang namanya akad sebelum melakukan transaksi atau penggunaan produk dari bank syariah. Di dalam bank syariah ini sendiri menerapkan sistem di mana kedua belah pihak melakukan akad / kesepakatan terlebih dahulu sehingga nantinya tidak ada yang merasa dirugikan, dengan demikian semua transaksi / prosesnya sesuai dengan ketentuan islam dan halal yang terpenting.

Pengertian Bank Syariah

Setelah mengetahui bank syariah secara umum, maka selanjutnya akan membahas mengenai pengertian dan keuntungan bank syariah. Untuk yang pertama adalah mengenai pengertian dari bank syariah, bank syariah sendiri merupakan jenis bank yang menganut sistem islam sehingga tidak terdapat bunga, dalam artian jika ada masyarakat yang ingin menabung atau meminjam dana nantinya tidak dikenakan bunga / riba, namun sebelumnya nantinya akan dilakukan kesepakatan terlebih dahulu sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Sistem bunga sendiri pada dasarnya dilarang dalam ajaran islam karena sangat merugikan.

Pengertian dari bank syariah sendiri tercantum di dalam undang undang pasal 1 nomor 10 tahun 1998. Untuk prinsip dari bank syariah sendiri adalah untuk meningkatkan taraf hidup dari rakyat itu sendiri. Untuk sistem dari bank syariah juga pada dasarnya sama denan bank – bank yang lain, yang membedakan adalah jika bank yang tidak berbasis syariah tentu saja menggunakan sistem adanya bunga, sedangkan untuk bank syariah tidak karena menganut ajaran yang ada dalam Al – Quran dan juga Hadist serta ajaran – ajaran islam.

Selain itu bank syariah juga dilarang untuk menyimpang dari ajaran islam sehingga operasionalnya juga harus sesuai dengan ajaran islam. Namun sekarang ini sudah banyak bank yang bermunculan dan menggunakan basis syariah namun hanya kedoknya saja untuk operasionalnya tidak seperti itu. Oleh karena itu Anda juga tetap harus berhati – hati dalam memilih bank berbasis syariah itu sendiri.

Keuntungan Bank Syariah

Produk-produk Bank syariah memang lebih banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat, hal tersebut karena bank syariah memberikan beberapa keuntungan untuk masyarakat. Keuntungan yang bisa didapat dari bank syariah sendiri adalah bank syariah sendiri memang merupakan bank berbasis syariah yang mana menganut ajaran islam, namun untuk nasabahnya sendiri tidak harus masyarakat yang muslim, masyarakat yang beragama non muslim juga bisa menjadi nasabahnya.

Kemudian yang kedua adalah layanan yang diberikan oleh bank syariah bersifat riil sehingga nantinya kedua belah pihak tidak akan dirugikan. Lalu bank syariah juga akan mempertegas skema profit maupun non profit selain itu juga menyediakan bantuan kepada masyarakat tanpa menggunakan bunga. Sehingga nantinya masyarakat dapat mengajukan pinjaman tanpa dikenakan bunga. Jadi itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian dan keuntungan bank syariah.

Mengetahui Pengertian Dan Keuntungan Bank Syariah | Scareface | 4.5