Mengenal Kredit Usaha Mikro dari Bank Mandiri

Jika Anda memulai usaha kecil dengan modal di bawah 50 juta, Anda juga berhak mendapatkan bantuan keuangan dari bank, namun dengan ‘paket’  yang berbeda. Kredit usaha mikro Bank Mandiri adalah layanan kredit usaha yang ditujukan untuk pengusaha kecil dan UKM, baik yang mengajukan kredit lewat BPR maupun yang lewat perorangan.

kredit mikro bank mandiri

Pemberian layanan kredit ini lebih ditujukan untuk pengembangan usaha, misalnya penambahan modal kerja atau penambahan cabang usaha. Layanan kredit ini juga bisa diberikan untuk mereka yang tidak atau belum membuka perusahaan resmi dengan segala dokumennya alias perorangan, tetapi syaratnya, pihak perorangan ini harus sudah bergabung dalam suatu kelompok usaha.

Mengapa Mengambil Kredit Ini?

Secara umum, mengambil kredit usaha jelas bisa membantu Anda mengembangkan usaha, melebihi yang bisa Anda lakukan jika mengandalkan usaha seperti menjual aset atau harta. Di luar itu, mengambil kredit usaha mikro Bank Mandiri memiliki keuntungan, yaitu adanya keringanan dalam tingkat suku bunga. Di samping itu, tidak seperti kebanyakan pemberi kredit, Anda tidak perlu menyerahkan harta benda sebagai jaminan, sehingga bisa berusaha memanfaatkan kredit dengan lebih tenang.

 

Jenis-jenis Kredit Usaha Mikro Bank Mandiri

Seperti yang sudah dijelaskan, kredit usaha mikro Bank Mandiri memiliki pilihan layanan untuk pemegang rekening BPR (biasanya jenis usahanya sudah berbentuk badan usaha) serta untuk perorangan. Kredit yang pertama batas waktunya 5 tahun, dan yang kedua hanya 1,5 tahun.

Untuk pemegang rekening BPR alias yang sudah menjadi badan usaha, wajib menyerahkan fotokopi dokumen usahanya seperti SIUPP dan NPWP yang masih berlaku. Jangan lupa, BPR-nya pun harus ‘sehat’ sesuai kriteria BI, minimal selama 3 bulan sebelum pengajuan kredit. Akhirnya, modal usaha Anda harus punya persentase kecukupan sebesar 8 persen.

Jika Anda mengajukan kredit sebagai perseorangan, syaratnya lebih mudah karena hanya harus memberikan fotokopi dokumen pribadi lengkap seperti KTP, surat nikah, slip gaji dan KK. Usia Anda pun minimal harus 21 tahun dan maksimal 60 tahun.

Dengan mengambil kredit usaha mikro Bank Mandiri, Anda bisa memperluas usaha kecil dan membuka jalan meraih sukses.

Mengenal Kredit Usaha Mikro dari Bank Mandiri | Scareface | 4.5