Mendapatkan Modal Usaha dari Program CSR

Keberhasilan yang diraih oleh perusahaan besar baik itu perusahaan swasta ataupun perusahaan BUMNĀ  secara tidak langsung bisa menjadi sebuah titik terang bagi para pelaku bisnis UMKM. Sebabnya adalah semakin besar keuntungan yang mereka peroleh, maka akan semakin besar pula dana yang akan disishkan perusahaan untuk agenda Corporate Social Responsibility atau CSR. Sehingga ini menjadi pintu terbukanya para pelaku bisnis UMKM untuk mendapatkan suntikan modal yang tentunya semakin besar.

csr

Misalnya saja PT Astra Internasional Tbk yang setiap tahun bisa mengeluarkan dana CSR sebesar Rp 100 miliar melalui Yayasan Darma Bakti Astra (YDBA) yang mana dana tersebut dipergunakan untuk tambahan biaya modal bagi usaha kecil yang menjadi mitra Astra.

Begitu juga dengan PT Bukit Asam yang untuk tahun 2014 ini menyisihkan dana CSR sebesar Rp 100 miliar. Sedangkan tahun lalu menyisihkan dana sebesar Rp 103 miliar yang digunakan untuk pembinaan dan juga kursus bagi para pelaku bisnis UMKM.

Apabila di sekitar anda terdapat perusahaan baik BUMN atau swasata, maka anda juga memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk bisa mengakses dana CSR ini untuk kepentingan pengembangan usaha kecil anda. Bahkan untuk mendapatkan modal dari YBDA, anda tidak wajib memiliki usaha terlebih dahulu. Namun bukan berarti bahwa uang itu bukan untuk usaha. Akan tetapi anda harus mempunyai sebuah rencana usaha yang bisa dipertanggungjawabkan sehingga YBDA bisa mengelaurkan pinjaman dana untuk anda memulai usaha.

Sepertli layaknya pinjaman yang diberika oleh lembaga keuangan, dana CSR untuk pengembangan usaha kecil ini tidak diberikan secara gratis, namun anda tetap harus mengembalikan dana tersebut sesuai dengan pinjaman yang anda dapatkan. Hanya saja, bunga yang diberikan dari dana CSR ini sangat ringan bila dibandingkan dengan bunga dari perbankan. Besaran bunga yang diberikan hanya 0,5% per bulan dengan besaran plafon yang bisa anda dapatkan adalah sebesar Rp 2-5 miliar dan tenor utangnya sepanjang 3 tahun.

Untuk mendapatkan modal pinjaman ini, anda juga diharuskan memiliki agunan, misalnya surat tanah. Selain itu, mitra (anda) minimal sudah pernah bekerja sama dengan perusahaan yang bersangkutan. Untuk pencairan dana CSR ini juga terbilang mudah, sebab pelaku UMKM hanya perlu untuk mengajukan proposal biaya yang dibutuhkan, kemuidan akan akan dikaji oleh pihak perusahaan.

Itulah salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengakses modal usaha untuk mengembangkan usaha anda, yaitu dengan memanfaatkan program CSR dari perusahaan yang ada disekitar lingkungan tempat anda berada.

Incoming search terms:

Modal usaha gratis, cara mendapatkan dana csr, cari modal usaha gratis, cara mendapatkan modal usaha gratis, pinjaman modal usaha gratis, cara mendapatkan dana csr bank mandiri, mencari modal usaha gratis, cara mendapatkan modal dari csr, cara mendapatkan dana csr astra, cara dapat dana dari perusahaan, 

Mendapatkan Modal Usaha dari Program CSR | Scareface | 4.5