Memulai Bisnis Makanan Ringan, Keripik Singkong

Singkong bisa pembawa omset yang besar bagi seseorang yang mau memulai suatu usaha, apalagi dibuat menjadil produk berupa keripik, yah keripik singkong masih cukup besar, prospek untuk penjualan keripik singkong ini masih sangat bagus. Jika Anda menjualnya dengan gerobak dorong tentunya sasarannya adalah masyarakat menengah ke bawah, namun bila Anda mengemasnya dengan baik tentunya Anda bisa menentukan target pasar menengah ke atas.

bisnis makanan ringan keripik singkong

Untuk memulai usaha bisnis makanan ringan keripik singkong ini tentu saja anda tidak perlu langsung berinvestasi banyak, kenapa? Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kerguian yang lebih besar jika keripik singkong anda belum laku. Kalau tidak punya gerobak dorong, mulailah dari rumah Anda sendiri, kenalkan produk Anda ke teman-teman dekat, tetangga-tetangga Anda, seluruh tetangga di kampung, tentunya mereka harus mengeluarkan uang untuk membeli produk keripik singkong Anda.

Setelah produk usaha bisnis makanan ringan keripik singkong anda mulai diterima anda bisa mengembangkannya dengan menitipkan produk anda ke toko-toko, bisa swalayan, supermarket, atau toko khusus pusat oleh-oleh di kota Anda. Tentunya, Anda harus mengemasnya dengan baik dan diberi merek. Untuk pemberian merek carilah kata-kata yang mudah dingat dan menarik atau anda bisa menambahkan slogan yang lucu untuk menarik minat pembeli. Namun ada toko pusat oleh-oleh yang hanya mau menerima kemasan kosongan tanpa merek dan merek atau labelnya akan diberi sendiri oleh toko tersebut. Hal ini tentu saja tidak masalah, sepanjang Anda tidak dirugikan dan keuntungan yang Anda harapkan terpenuhi. Di samping itu pusat oleh-oleh biasanya sudah punya surat ijin produksi atau ijin lainnya dari instansi terkait dan Anda tidak perlu repot-repot untuk mengurusnya. Tetapi lebih baik Anda harus mengurus ijin apabila Anda memberi kemasan pada produk Anda, biar produk Anda tidak dikatakan ilegal.

Sebagai langkah awal untuk memulai usaha keripik singkong adalah siapkan singkong yang telah dikupas dan dicuci bersih, dipotong bulat tipis-tipis. Rendam irisan tersebut dalam air kapurselama sekitar 1 sampai 4 jam untuk memperoleh kualitas keripik yang lunak dan renyah. Anda bisa melakukan percobaan dengan beberapa variasi lama perendaman, karena air kapur akan mempengaruhi tekstur dari keripik singkong. Untuk memberi rasa asin bisa diberi garam.

Setelah perendaman ditiriskan sejenak dan mulailah menggoreng. Paling bagus jika minyaknya benar-benar mendidih dengan api yang sedang. Pakailah minyak goreng yang banyak sehingga irisan singkong terendam dalam minyak goreng. Bila sudah kekuningan lantas diangkat.

Dari tahap ini Anda bisa memberi rasa lain terhadap keripik singkong Anda, keripik singkong rasa manis, rasa balado, rasa itali, atau rasa lainnya yang menurut Anda benar-benar bisa berbeda dengan produk keripik singkong lainnya. Lebih baik rasanya disesuaikan dengan dari daerah Anda sendiri, karena itu bisa membuat perbedaan. Untuk kemasan keripik singkong, Anda bisa menggunakan kantong plastik yang di desain dengan menarik, untuk melekatkan kantong plastiknya bisa digunakan hand sealer, alat pengemas plastik.

Mengenai harga, Anda bisa melakukan survey harga keripik singkong ke pasar dan toko-toko terdekat, saat ini harga keripik singkong di pasaran per kemasan bervariasi dari Rp. 2.500,- hingga Rp. 5.000,-, tergantung dari target pasarnya. Nah sekarang tergantung dari anda berpa harga yang akan anda berikan untuk keripik singkong anda. Selamat mecoba bisnis keripik singkong !

Memulai Bisnis Makanan Ringan, Keripik Singkong | Scareface | 4.5