Memaksimalkan Strategi Marketing dari Mulut ke Mulut

Dalam sebuah bisnis, marketing menjadi konsentrasi utama untuk engembangkan usaha yang sudah dijalankan. Berbagai macam jenis pemasaran akan dilakukan, dari yang gratis sampai berbayar sekalipun. Semua akan diambil sebagai alternatif untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Salah satu strategi tradisional yang masih cukup efektif untuk memasarkan produk adalah dengan marketing lewat mulut ke mulut atau marketing word of mouth. Walau tradisional, ternyata 68% dari konsumen yang membeli sebuah produk adalah mendapatkan rekomendasi dari konsumen yang lain. Dengan kata lain adalah marketing mulut ke mulut.

Memaksimalkan Strategi Marketing dari Mulut ke Mulut

Marketing dengan cara mulut ke mulut ini terbilang sangat sederhana dan bahkan tanpa biaya. Terlebih lagi kondisi dari kondisi masyarakat Indonesia yang sangat senang berkumpul hanya untuk berbagai cerita dan kisah. Peluang ini membuat strategi ini masih sangat relevan diterapkan di Indonesia. Dengan strategi ini pula akan menambah loyalitas konsumen kepada produk anda, karena mereka mendapatkan informasi dari teman dekat yang mereka percaya.

Untuk memaksimalkan startegi promosi word of mout ini, anda bisa memakai beberapa macam cara dianatarnya adalh sebagai berikut:

  1. Lakukanlah penawaran produk kepada seseorang yang memiliki pengaruh yang besar di dalam sebuah komunitas. Sehingga ketika penawaran anda berhasil, maka dengan sendirinya ia akan menyebarkan informasi itu kepada kemonitas yang dia ikuti. Sehingga akan semakin banyak orang yang mengetahui usaha anda dan akhirnya mereka akan membeli produk yang anda tawarkan.
  2. Berikanlah pelayanan yang terbaik untuk semua konsumen anda. karena jika mereka merasa puas dengan pelayanan anda, maka secara tidak langsung orang tersebut akan menceritakan kelebihan produk anda kepada teman-teman mereka. sehingga penjualan produk anda kan meningkat.
  3. Keunikan tetaplah menjadi poin penting dalm setiap usaha. Dengan produk yang unik, maka akan membuat para pencari berita meliput usaha anda. Sehingga produk anda kan semakin dikenal masyarakat luas. Bahkan masyarakat yang melihat liputan tersebut juga tidak menutup kemungkinan untuk ikut menyebarkan informasi produk anda.

Namun ada hal perlu untuk anda ingat. Startegi pemasaran dari mulut ke mulut ini bisa menjadi sebuah bumerang ketika kualitas produk yang anda hasilkan tidak terjaga. Sebab kejelakan produk anda juga akan cepat menyebar dengan cerita konsumen kepada para teman dekatnya. Sehingga informasi kekecewaan mereka akan cepat menyebar dan membuat popularitas produk anda juga menurun.

Memaksimalkan Strategi Marketing dari Mulut ke Mulut | Scareface | 4.5