Melihat Peluang Emas Bisnis Camilan

Ketika hendak memulai sebuah usaha, terkadang memang tidak mudah. Akan muncul berbagai macam alasan yang seringkali menjadi penghalang aksi anda. Beberapa alasan yang seringkali menjadi menjadi penghalang adalah minimnya modal, tidak adanya keahlian, serta tidak memiliki waktu luang. Inilah alasan-alasan klasik yang seringkali mampir di pikiran anda.

Melihat Peluang Emas Bisnis Camilan

Padahal, ketika hendak memulai usaha, anda tidak selalu membutuhkan modal yang besar, waktu luang yang banyak, atau keahlian yang khusus. Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa anda manfaatkan dengan berbagai keterbatasan yanga nda miliki. Bahkan bisa anda lakukan ditengah kesibukan anda bekerja sebagai karyawan.

Salah satu bisnis yang bisa anda ambil adalah bisnis supplier camilan. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Bahkan termasuk bisnis yang cukup fleksibel, sehingga tidak menyita waktu utama anda ketika anda sudah menjadi karyawan atau bekerja di tempat lain.

Mengapa bisnis camilan ini berpeluang emas? Karena hampir sebagian besar orang senang ngemil. Hal ini membuat pasar dari bisnis camilan ini terbilang luas. Tidak terbatas pada usia tertentu, namun dari anak kecil hingga orang tua suka ngemil saat mereka sedang santai di rumah atau bersama keluarga. Sehingga anda bisa menjadikan mereka target pasaran, dengan menjadikan warung-warung atau minimarket yang ada di sekitar mereka sebagai target pemasaran.

Hal-Hal Penting Untuk Memulai Bisnis Camilan

Untuk memulai sebagai supplier camilan, anda perlu memperhatikan beberapa hal penting diantaranya adalah:

  1. Untuk pertama kali, carilah produsen camilan yang memiliki produk berualitas namun dengan harga yang lebih terjangkau. Dalam memilih camilan berkualitas, anda harus memperhatikan dari segi rasa, tampilan, dan kebersihannya. Selain itu, anda juga harus teliti saat memilih camilan. Pilihlah camilan yang diminati oleh masyarakat luas, sehingga produk anda akan lebih laku di pasaran.
  2. Anda bisa menawarkan sebuah kerjasama yang saling menguntungkan dengan produsen camilan tersebut. Sampaikanlah bahwa anda ingin menjual kembali produk camilan tersebut. Harapannya dengan nogosiasi seperti ini, produsen tersebut akan memberikan harga khusus kepada anda. Tentunya harga yang lebih murah daripada harga ecer di pasaran.
  3. Setelah itu, anda bisa mempersiapkan modal untuk beberapa perlengkapan yang anda butuhkan. Misalnya sealer (mesin pengemas), plastik kemasan. Dan jangan lupa merk dari produk anda.
  4. Setelah itu anda bisa mencari target pasar. Anda bisa menyasar ke beberapa toko yang ada di sekitar rumah anda, kantin sekolah, toko oleh-oleh, atau kost-kostan.

Kelebihan Bisnis Camilan

Bisnis camilan tidak membutuhkan modal yang besar. Namun dengan banyaknya minat ngemil pada sebagian masyarakat, maka akan membuat bisnis camilan ini memiliki peluang yang besar. Dan tentunya akan menghasilkan keuntungan yang besar pula.

Kekurangan Bisnis Camilan

Kendala yang seringkali dihadapi adalah ketersediaan stok barang. Ketika permintaan terhadap suatu camilan cukup tinggi, namun stok barangnya tidak ada, tentu juga akan menjadi masalah tersendiri. Oleh karena itu, jika stok dari produsen cukup banyak, ada baiknya anda membelinya dalam jumlah yang lebih banyak untuk mengantisipasi permintaan yang cukup tinggi.

Sistem Pemasaran

Untuk memasarkan produk camilan ini, anda bisa memakai sistem titip jual (konsinyasi). Anda juga bisa menerapkan sistem jual putus kepada tempat-tempat yang cukup potensial. Atau anda juga bisa menawarkan camilan dalam beberapa macam ukuran, misalnya mulai dari ukuran 100 gram hingga 1000 gram. Selain itu, anda juga bisa menggunakan strategi bonus. Jadi konsumen yang membeli dalam jumlah tertentu, akan menerima potongan harga. Selama ini teknik seperti ini, cukup membantu dalam meningkatkan penjualan.

Melihat Peluang Emas Bisnis Camilan | Scareface | 4.5