Mau Buka Usaha Tapi Terkendala Modal?

Biasanya orang yang akan memulai usaha sering terkendala dengan tidak adanya modal awal. Apalagi bila anda tidak mempunyai keberanian untuk meminjam uang dengan sanak saudara, maka usaha tersebut tentu saja hanya berjalan dalam pikiran anda. Namun jangan khawatir disini saya akan membagikan beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.
mau buka usaha tapi tidak ada modal

Mengajak teman menjalankan bisnis

Anda bisa mengajak teman atau saudara sebagai mitra kerja ataupun investor. Hal ini bisa anda jadikan solusi, kenapa? karena jika anda malu untuk meminjam modal anda bisa mengajak teman atau saudara anda sebagai mitra kerja dalam menjalankan bisnis yang ingin anda lakukan. Sebelum anda melakukan kerja sama, anda harus membuat kesepakatan terlebih dahulu baik mengenai bagi untung dan rugi, sistem kerja, dan sebagianya untuk menghindari agar tidak terjadi perselisahan di kemudian hari.

Pinjaman Modal usaha kepada Bank

Cara lain untuk mendapatkan modal awal untuk menjalankan usaha anda, Anda juga bisa mengajukan pinjaman modal usaha kepada bank. Salah satu bank yang kerap menjadi tujuan adalah Bank Mandiri.

Siapa yang tidak mengenal Bank Mandiri?, Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Mandiri mempunyai program khusus yang ditujukan kepada para pengusaha, terutama pengusaha kecil. Kepada mereka yang masuk dalam kategori pengusaha kecil, terdapat Kredit Usaha Rakyat yang secara khusus ditujukan oleh pihak perbankan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi.

Pihak Bank Mandiri pun menyediakan program Mandiri Kredit Mikro untuk memenuhi permintaan tersebut. Program ini ditujukan bagi mereka yang ingin mengajukan kredit investasi ataupun kredit modal kerja. Yang dimaksud dengan kredit investasi adalah kredit jangka panjang atau menengah yang digunakan untuk perluasan, modernisasi ataupun pendirian proyek baru. Sebagai contoh adalah untuk pembelian mesin ataupun bangunan dan tanah untuk pabrik. Sementara Kredit Modal Kerja adalah layanan kredit yang diberikan oleh pihak bank dalam bentuk mata uang dan digunakan untuk memenuhi modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha, maksimal adalah 1 tahun.

Bank Mandiri menyediakan kredit ini kepada semua jenis pemilik usaha mikro dan usaha rumah tangga, baik yang sudah berbadan usaha ataupun yang masih dalam bentuk perorangan. Berikut penjelasan serta syarat yang dibutuhkan jika anda ingin mengajukan kredit usaha kepada Bank Mandiri:

Kredit Usaha Mikro (KUM)

KUM ditujukan untuk mereka yang membutuhkan pinjaman dengan limit maksimal sebanyak 100 juta rupiah. Pihak Mandiri menyediakan fasilitas top up dengan limit hingga 200 juta rupiah.

Syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan KUM antara lain adalah:

  • Usaha telah berjalan selama 2 tahun di lokasi dan bidang usaha yang sama
  • Debitur berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal akan berusia 60 tahun pada saat kredit lunas
  • Identitas diri berupa KTP, KK atau surat nikah bagi yang sudah berkeluarga
  • Untuk pengajuan kredit di atas 50 juta rupiah diwajibkan melampirkan NPWP
  • Surat keterangan izin usaha dari instansi setempat

Sangat disayangkan karena Kredit Usaha Mikro dari Bank Mandiri ini hanya bisa didapatkan jika bisnis/ usaha berjalan selama 2 tahun. Jadi anda tidak bisa melakukan pinjaman modal usaha jika usaha anda belum berjalan selama 2 tahun, Tetapi jika usaha anda sudah 2 tahun kenapa tidak?

Mau Buka Usaha Tapi Terkendala Modal? | Scareface | 4.5