Langkah-Langkah Memulai Usaha Kecil dengan Modal Kecil

Ketika anda hendak membuka sebuah usaha, biasanya akn muncul ragu-ragu dan khawatir, jangan-jangan ditengah jalan akan mengalami kerugian, jangan-jangan produk yang dijual tidak laku, dan kekhawatiran yang lainnnya. Hal ini memang sesuatu yang wajar, namun jangan sampai menjadi terlalu berlebihan. Sebab ketika berlebihan, maka anda tidak akan segera memulai usaha anda. Dan yang perlu anda ingat adalah yang namanya resiko itu pasti ada, dan anda memang harus menghadapi. Namun ketika anda belum yakin dengan resiko itu, maka anda bisa memulai sebuah usaha yang membutuhkan modal kecil terlebih dahulu, sehingga anda bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Langkah-Langkah Memulai Usaha Kecil dengan Modal Kecil

Sebelum anda memutuskan untuk membuka sebuah usaha, ada beeberapa langkah yang harus anda perhatikan, diantaranya dalah sebagai berikut:

Alasan. Anda harus memiliki sebuah alasan kenapa anda hendak membuka usaha tersebut. Mantapkan alasan anda tersebut. Jangan sampai alasan anda hanya karena ikut-ikutan saja, karena hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas kerja anda ke depan. Ketika alasan anda sudah mantap, maka anda bisa lebih yakin dalam menuju kesuksesan.

Jumlah Modal. Karena anda hendak membuka usaha kecil, maka anda harus menentukan dengan jelas berapa jumalah modal yang hendak anda investasikan. Apakah anda akan menginvestasikan ratusan ribu atau berapa. Hal ini penting, sebab dana inilah yang akan anda korbankan ketika ada sesuatu hal yang menimpa usaha anda dan anda harus siap kehilangan dana tersebut.

Jenis Usaha. Bisnis yang baik tentunya adalah sebuah bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan juga hobi anda, karena itu akan menjadi lebih baik dan tidak merasa tertekan. Akan tetapi, tidak ada salahnya anda mencoba bisnis di luar hobi anda, sebab bisa jadi peluang itu muncul bukan pada hobi anda, dan anda harus bisa mengambil peluang itu, jika anda memang ingin menjadi seorang pengusaha.

Waktu. Sebagai seorang pengusaha, anda dituntut untuk bisa membagi waktu dengan lebih teliti. Kapan waktu untuk bekerja, kapan waktu untuk kelaurga, dan sebagainya. Hal ini yang akan menentukan apakah anda akan menjadikan usaha ini sebagai usaha utama atau hanya usaha sampingan saja.

Libatkan Orang Dekat. Jika anda sudah berkeluarga, jangan pernah ragu untuk mengajak istri anda dalam menjalankan usaha anda. Apalagi ketika anda juga sudah memiliki pekerjaan utama. Sehingga usaha anda bisa tetap berjalan, ketika anda sedang tidak ada.

Teknologi. Manfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang kegiatan promosi anda. gunakan website, twitter, facebook dan lain sebagainya untuk berpromosi dan juga menjalin relasi dengan konsumen anda.

Langkah-Langkah Memulai Usaha Kecil dengan Modal Kecil | Scareface | 4.5