Langkah-langkah Melakukan Ekspor Barang

Langkah-langkah Melakukan Ekspor Barang – kreditur.net. Jika Anda ingin melakukan perluasan usaha hingga meraih pelanggan di luar negeri, Anda wajib mengetahui cara melakukan ekspor barang. Jika tidak, selain usaha tidak akan berkembang, Anda akan mengalami masalah hukum jika tidak mengetahui langkah-langkah yang benar dalam mengekspor barang.

cara melakukam ekspor barang

Cara melakukan ekspor barang ini harus dipelajari ketika Anda mendirikan perusahaan, atau paling tidak ketika Anda sudah merencanakan untuk memperluas usaha hingga ke ranah internasional. Hal ini karena Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen ekspor yang dibutuhkan sebelum benar-benar bisa mengekspor barang.

Langkah-langkah Mengekspor Barang

Sudah siap untuk meraih pelanggan di luar negeri? Berikut adalah cara melakukan ekspor barang yang wajib Anda ketahui:

1. Mendapatkan Dokumen APE.

Ajukan permohonan ke Departemen Perdagangan untuk mendapatkan dokumen yang disebut APE atau Angka Pengenal Ekspor. APE ini akan dikeluarkan pihak perwakilan dari Departemen Perdagangan Daerah I, dengan keterangan bahwa APE dikeluarkan Dirjen Perdagangan Luar Negeri. APE hanya berlaku selama setahun.

 

2. Membuat Kontrak Dagang.

Anda harus membuat kontrak dagang atau sales contract dengan pihak importir. Jangan lupa mencantumkan keterangan terperinci tentang jenis barang yang Anda kirim, klasifikasinya, jumlah, bobot, harga, biaya antaran dan sebagainya.

 

3. Menunggu Konfirmasi Pembukaan Letter of Credit

Anda kemudian menunggu hingga pihak pengimpor membuka letter of credit untuk transaksi ekspor-impor dengan Anda. Nanti, korespondensi bank yang ditunjuk akan mengabari Anda jika LC sudah siap.

 

4. Menyiapkan Produk yang Dieskpor.

Saatnya menyiapkan barang yang diekspor sesuai permintaan. Jangan lupa melakukan pemesanan ke perusahaan ekspedisi untuk pesan tempat di kapal.

 

5. Realisasi Proses Ekspor

Saat ini, barang mungkin sudah siap di kapal. Agar bisa segera dikirim, Anda pergi ke bank devisa dan mengisi formulir yang disebut E3 (rangkap 6). Bank devisa juga akan memastikan semua dokumen lengkap dan sesuai. Jika sudah oke, formulir akan ditandatangani bank devisa dan diserahkan lagi ke Anda.

Formulir lalu Anda berikan ke bea cukai untuk dicocokkan, lalu 1 lembar akan mereka ambil. Lalu, Anda akan menerima pemberitahuan tertulis dari perusahaan ekspedisi.

Sesudah ini, Anda bisa ke bank devisa dan menarik wesel; jangan lupa membawa semua dokumen yang dibutuhkan. Selain E3 dan tagihan perusahaan ekspedisi, Anda harus siap dengan sertifikat timbangan dan asal-usul produk. Setelah itu, segala urusan akan menjadi tanggung jawab bank devisa.

 

Dengan mengetahui cara melakukan ekspor barang, Anda akan siap saat hendak memperluas bisnis ke luar negeri.

Incoming search terms:

cara melakukan ekspor, cara mengekspor barang, 

Langkah-langkah Melakukan Ekspor Barang | Scareface | 4.5