Kredit Usaha Tani dari Bank Artha Graha

Salah satu hal yang seringkali dihadapi petani adalah masalah pengadaan benih, pupuk yang cukup memakan biaya yang tidak murah. Sehingga kerapkali hal ini menjadi kendala tersendiri yang membuat para petani mendapatkan keuntungan yang tidak terlalu banyak. Apalagi ketika panen yang didapatkan kurang maksimal yang diakibatkan harga pupuk yang makin mahal. Namun dengan adanya Program Kredit Usaha Tani Tanaman Pangan dan Bank Artha Graha, para petani bisa sedikit menghela nafas lega.

Kredit Usaha Tani dari Bank Artha Graha

Kredit modal kerja ini memang ditujukan bagi para kelompok tani lewat program kemitraan. Kredit modal ini tidaklah berupa uang tunai, namuan langung berupa sarana produksi seperti, pupuk, benih, dan juga pestisida. Dengan begitu, petani tidak perlu lagi memikirkan harga pupuk yang mahal, sebab sudah ada perusahaan yang yang memberikan dengan harga yang lebih terjangkau. Tak hanya itu, dengan adanya program ini, maka para petani akan memiliki jaminan terhadap ketersediaan dari sarana produksi dan juga adanya jaminan pendampingan dari perusahaan benih yang terkait sejak mulai penanaman hingga masa panen tiba. Untuk jangka waktu dari kredit ini adalah sesuai dengan lamanya masa tanam, kemudian untuk pelunasan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan tanam.

Fasilitas Kredit Usaha Tani Tanaman Pangan

  • Fasilitas dan juga plafond yang diberikan akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan para petani
  • Untuk pola penyaluran kredit adalah kepada kelompok tani yang sudah menjadi binaan dan telah mendapatkan rekomendasi dari Bapak Angkat serta perusahaan benih terkait, yang mana penyalurannya adalah berupa sarana produksi, seperti benih, pupuk, dan sebagainya.

Persyaratan Umum

  • Ketua dari kelompok tani yang akan dibiayai yang dalam hal ini sebagai debitur, mempunyai identitas yang jelas
  • Tanggungan dari kredit ini bukanlah per individu, namun secara tanggung renteng
  • Terdapatnya Bapak Angkat, yang mana sudah bekerjasama dengan pihak bank serta perusahaan benih terkait, yang akan menjamin dan juga bertanggung jawab terhadap pengembalian dana pinjaman. Selain itu, juga harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun di dalam bidang tanaman pangan.
  • Adanya penampung untuk hasil panen yang juga telah memiliki kerjasama dengan Bapak Angkat sebagai jaminan dalam pengembalian dana pinjaman.
  • Terdapat pula PPL (Petugas Pengawas Lapangan) serta FA (Field Assistant) yang merupakan rekomendasi dari perusahaan benih yang mana betugas memberikan pembinaan kepada para petani sejak mulai tanam hingga masa panen tiba.
Kredit Usaha Tani dari Bank Artha Graha | Scareface | 4.5