Keuntungan Memilih Pinjaman Modal Usaha Syariah

Jika Anda membutuhkan modal usaha namun tidak memiliki uang tunai atau harta, pinjaman adalah salah satu cara mendapatkan modal. Selain pinjaman dari bank konvensional, ada juga pinjaman modal usaha syariah. Walaupun sama-sama berperan sebagai kreditur yang memberikan kredit usaha bahkan bagi pengusaha kecil, pinjaman modal usaha dari bank syariah bisa dibilang memiliki beberapa keuntungan ekstra.

Bagi Anda yang muslim dan menganut prinsip transaksi syariah, tentu saja ini hanya salah satu keuntungannya. Masih ada keuntungan lain yang bisa dipertimbangkan oleh nasabah umum untuk memilih model pinjaman ini.

sistem bank syariah

Berikut beberapa keuntungan mengambil pinjaman modal usaha syariah:

1. Sistem Bagi Hasil

Sistem ini tentu tidak didasarkan pada perhitungan suku bunga, melainkan sistem yang disebut bagi hasil, nisbah atau revenue sharing dimana peminjam membagi hasil usahanya dengan bank. Jadi, tidak ada perhitungan bunga dalam sistem ini, sehingga dalam berbagai hal cukup meringankan terutama bagi pemilik usaha kecil.

2. Berdasarkan Kesepakatan Masing-masing

Masih terkait sistem bagi hasil, dalam pinjaman syariah, jumlah bagi hasil ini bukan secara kaku ditetapkan oleh pihak bank, melainkan bisa berdasarkan kesepakatan yang dibuat secara resmi antar kedua belah pihak (nasabah peminjam dan bank).

3. Sistem Penggantian Kerugian

Dalam sistem peminjaman modal usaha dari bank syariah, ada sistem yang disebut Al Mudharabah, yaitu semacam penggantian kerugian oleh pihak bank sepanjang kerugian tersebut tidak diakibatkan oleh kesalahan si peminjam sendiri.

4. Sistem Penyerahan Modal Secara Tunai

Bentuk pinjaman modal usaha syariah tidak pernah bersifat hutang, melainkan langsung berupa uang tunai. Kalaupun bukan uang tunai, bentuknya biasanya berupa barang berharga yang langsung bisa dinyatakan nilainya.

5. Kartu Kredit Tanpa Bunga

Jika memilih layanan kartu kredit dari bank syariah, Anda bisa cukup tertolong dalam masalah pemakaiannya karena tidak ada bunganya seperti bank, melainkan cukup pembayaran uang jasa. Akan tetapi, sebagai gantinya, jika waktu membayar tagihan sudah tiba, Anda harus segera membayar lunas semuanya tanpa angsuran.

 

Jika Anda merasa terbantu oleh sifat transaksi bank syariah, tidak ada salahnya Anda mencoba mengambil pinjaman modal usaha syariah.

Incoming search terms:

pinjaman modal usaha syariah, pinjaman modal usaha, sistem pinjaman bank syariah, pinjaman syariah, 

Keuntungan Memilih Pinjaman Modal Usaha Syariah | Scareface | 4.5