Inspirasi Bisnis Tanpa Modal

Terkadang ketika anda ingin membuka sebuah bisnis, biasanya modal menjadi kendala yang utama. Sehingga seringkali keinginan anda untuk memulai sebuah bisnis menjadi terhambat dan bahkan tidak terlaksana. Padahal ketika anda bisa melihat jeli peluang yang ada, anda bisa memulai bisnis apapun dengan nyaris tanpa modal. Hal yang perlu anda persipakan adalah kreatifitas dalam menangkap sebuah peluang yang ada. Hanya dengan modal yang sangat super minim, sudah banyak orang yang berhasil mengembangkan usaha mereka.

Inspirasi Bisnis Tanpa Modal

Apabila anda ingin mengikuti jejak dari dari orang seperti mereka, anda mungkin bisa melihat beberapa inspirasi bisnis yang ada di sini, kemudian bisa anda tiru atau anda temukan bisnis baru yang lebih kreatif lagi. Beberpa inspirasi bisnis tersebut diantaranya:

Jasa Penyebaran Brosur

Usaha ini adalah salah satu usaha yang bisa anda lakukan nyaris tanpa modal. Kenapa? Karena brosur jelas bukan dari anda, jadi anda tidak perlu mencetak brosur. Dan ketika menyebar brosur, anda akan dibayar. Namun jika anda tidak mau berpanas-panas di jalan. Anda tetap juga bisa mendapatkan uang.

Langkah pertama adalah anda bisa membuat daftar universitas yang lokasinya jauh dari kota tempat tinggal anda. Setelah anda selesai membuat list, coba kirimkan penawaran untuk penyebaran brosur promosi di kota anda. Ketika anda mengirim 75 email dan direspon oleh 10 universitas saja, itu sudah sangat bagus. Bahkan bisa jadi dianatara salah satu universitas itu, ada yang akan menawarkan untuk membuka pendaftara di kota anda. sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan ganda.

Setelah anda mendapatkan respon, maka buatlah tim kecil. Tim inilah yang akan menempelkan pamflet dan menyebarkan brosur ke sekolah-sekolah. Anda bisa menggaet para anak kost untuk hal ini. Dan momen UN adalah momen yang sangat pas. Selasai UN tim anda sudah bekerja di lokasi, sambil membawa dokumentasi untuk and laporkan kepada pihak universitas yang menyewa jasa anda.

Foto Mozaik

Apa itu foto mozaik? Foto mozaik adalah rangkaian beberapa foto yang disusun dalam sebuah bingkai. Jika dilihat dari dekat, maka akan terlihat kumpulan beberpa foto yang disusum. Tetapi ketika dilihat dari jauh, maka akan terlihat sebuah fota saja. Mungkin anda akan berpikir, bagaimana cara menyusunnya? Pasti susah, butuh corel, dan sebagainya.

Di zaman modern ini, itu dapat anda lakukan dengan klik mouse saja. Anda bisa menemukan software untuk membuat mozaik foto ini di google dengan gratis. Ukurannya juga kecil, sekitar 8 MB saja. Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu, ketika sudah agak lancar, mulailah menawarkan jasa anda tersebut. Anda bisa masuk FJB Kaskus, facebook, dan sebagainya. Jasa mozaik foto biasanya dijual dengan tarif rata-rata 75 ribu – 150 ribu rupiah. Lumayan kan? Padahal softwarenya saja gratis.

Pun ketika anda hanya menjual dengan harga 50 ribu saja, anda sudah untung besar. Anda bisa tawarkan dulu kepad teman-teman anda untuk melatih kemahiran anda, setelah berkembang anda bisa mulai menawarkan kepada orang lain, dan bahkan bisa membuat blog untuk memajang karya anda.

Sebebanernya masih banyak peluang yang yang lain. Namun 2 peluang ini sudah bisa anda terapkan, dan semoga anda menemukan peluang lain yang serupa.

Inspirasi Bisnis Tanpa Modal | Scareface | 4.5