Hindari Ini Jika Tidak Ingin UKM Berjalan Stagnan

Memiliki profesi sebagai seorang pengusaha memang tidak mudah, tapi juga bukan berarti hal yang sulit. Banyak sekali para pengusaha yang mengawali langkah kesusksesannya dengan menjadi pengusaha, namun juga tidak sedikit yang mengalami kegagalan ketika memulai usahanya. Semua itu ditentukan oleh berbagai amcam aspek yang saling berkaitan.

Hindari Ini Jika Tidak Ingin UKM Berjalan Stagnan

Ketika anda sebagai pengusaha tidak ingin berjalan di tempat, atau stagnan, maka anda harus menghindari beberapa perilaku yang mungkin menurut pendangan pribadi anda adalah yang ternaik bagi usaha anda, namun kenyataannya anda tidak berjalan kemana-mana, dan mungkin bisa jadi malah anda mengalami kebangkrutan karena tidak bisa bersaing dengan pengusaha yang sejenis.

Anda harus menghindari beberapa kesalahan ini untuk membuat bisnis anda tetap eksis, dan bisa berkembang. Bebrapa hal yang harus anda hindari diantaranya adalah:

Mengangkap setiap tawaran

Ketika anda mulai enjoy dengan bisnis yang sedang anda tekuni, suatu saat pasti akan muncul waktu dimana anda akan menemukan berbagai macam tawaran datang kepada anda. Dengan keyakinan yang besar, maka anda menangkap tawaran tersebut sebagai sebuah peluang. Apakah ini salah? Bisa iya, bisa juga tidak. Ketika kapasitas produksi, waktu dan tenaga kerja kerja yang anda miliki masih terbatas, maka menangkap semua peluang itu justru akan membuat anda menjadi kewalahan yang bisa jadi berimbas kepada colapsenya bisnis anda, karena bisa jadi produk anda menjadi tidak berkualitas karena mengejar produksi yang terlalu banyak. Jadi anda harus pandai memilih, mana peluang yang potensial, dan mana peluang yang tidak potensial.

Tidak mau mengikuti perkembangan zaman

Pelaku UK di Indonesia berjumalah jutaan, namun bisa anda lihat bahwa hanya sedikit diantara mereka yang meu mengikuti perkembangan zaman. Diantara mereka masih sedikit yang mau menggunakan teknologi, baik dalam prosesproduksi maupun proses pemasarannya. Padahal di era ini, sudah banyak teknologi tepat guna yang akan membantu mereka dalam meningkatkan produksi, dan juga sudah ada internet yang akan memudahkan mereka dalam berpromosi.

Tidak inovatif

Banyak sekali kita melihat bahwa beberapa UKM sudah bisa mendatangkan kuntungan yang cukup besar, tetapi jika diamati dengan lebih jeli sebenarnya usaha mereka tidak mengalami sebuah peningkatan. Hal ini disebabkan karena banyak pelaku UKM yang enggan untuk melakukan inovasi. Sehingga usahanya berjalan, namun berjalan di tempat saja.

Dikerjakan sendirian

Kebanyakan para pengusaha mikro ingin melakukan semua sendiri, karena ia menganggap tidak ada yang lebih baik dari dia. Padahal ketika ia mau mendelegasikan sebagian pekerjaannya kepada orang lain, maka dia bisa fokus untuk mengembangkan usahanya tersebut.

Hindari Ini Jika Tidak Ingin UKM Berjalan Stagnan | Scareface | 4.5