Contoh Usaha Dengan Modal Kecil: Usaha Kerajinan Flanel

Setiap usaha memang membutuhkan modal awal. Namun, modal awal suatu usaha tidak selamanya harus besar. Keahlian dan kreativitas yang anda miliki justru lebih berharga dari sekedar uang. Bagi anda ibu rumah tangga, usaha kerajinan flannel adalah salah satu contoh usaha dengan modal kecil. Berikut adalah alasan kenapa usaha ini tidak membutuhkan modal besar.

usaha kerajinan flanel

Tidak membutuhkan tempat usaha khusus

Bayangkan berapa anggaran yang harus anda alokasikan untuk menyewa sebuah ruko. Setidaknya anda harus mengalokasikan Rp. 10 hingga 20 juta setiap tahunnya. Uang sejumlah ini lebih dari cukup untuk memulai usaha kerajinan flannel, karena bisnis ini adalah salah satu contoh usaha rumahan.

 

Tidak membutuhkan modal awal yang besar

Bisnis kerajinan flannel adalah contoh usaha dengan modal kecil karena TIDAK membutuhkan modal awal untuk hal-hal berikut:

1. Pembelian furniture

anda tidak membutuhkan meja, kursi, lemari, dan sebagainya. Untuk pertama, anda mungkin hanya membutuhkan satu unit rak kecil (dengan harga maksimum Rp. 1 juta)

2. Gaji karyawan

Pada tahap awal, anda bisa merangkap sebagai manajer sekaligus karyawan. Anda bisa mengejakan pesanan sendiri atau dibantu oleh anggota keluarga lainnya.

3. Biaya operasional seperti air dan listrik bisa disatukan dengan tagihan listrik dan air di rumah anda.

Namun, pastikan modal awal yang anda miliki cukup untuk pembelian bahan awal dan peralatan jahit, seperti kain flannel, gunting, penggaris, pensil, lem khusus kain, dacron, dan sebagainya.

 

Peluang pemasaran cukup luas

Segmen pasar kerajinan kain flannel cukup luas. Kerajinan flannel bisa menjadi alternatif souvenir di pesta pernikahan atau wisuda. Kerajinan flannel juga bisa dipasarkan sebagai alternatif dekorasi rumah atau kamar anak. Dalam metode pemasaran, anda bisa memulai dari lingkungan sekitar dan menjalin kerja sama dengan event organizer atau organisasi mahasiswa.

Bisnis industry kreatif ini adalah  contoh usaha dengan modal kecil yang dapat dipasarkan secara luas melalui internet. Jika anda memiliki keterampilan blogging, anda bisa membuat blog untuk menawarkan karya anda atau memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook sebagai media promosi. Strategi pemasaran online tidak membutuhkan biaya yang besar, di samping anda bisa menerima pesanan jarak jauh dari konsumen di daerah lain. Tertarik untuk mencoba?

Incoming search terms:

contoh usaha mikro, usaha kreatif dengan modal kecil, Usaha kerajinan, contoh usaha mikro kecil dan menengah, bisnis kreatif modal kecil, Contoh usaha kerajinan, 

Contoh Usaha Dengan Modal Kecil: Usaha Kerajinan Flanel | Scareface | 4.5