Cara Tepat Atasi Komplain Pelanggan

Pelanggan adalah sebuah hal yang penting untuk menunjang keberlangsungan perusahaan anda. Seringkali pelanggan meninggalkan sebuah perusahaan, sebab perusahaan tersebut tidak merespon keluhan atau komplain mereka secara profesional, atau bahkan dibiarkan begitu saja. Padahal ini adalah sebuah faktor yang sangat penting. Ketika anda bisa mengelola komplain pelanggan, maka hal ini bisa menjadi poin yang menguntungkan bagi anda, bahkan bisa melejitkan rating dari perusahaan anda. Lalu, bagaiaman caranya mengatasi keluahan pelanggan tersebut? Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan:

complaints

  • Perbaiki setiap masalah secepat mungkin. Jangan sampai membuat pelanggan anda menunggu terlalu lama, segera temukan kesalahan tersebut, kemuidan lakukan ralat. Dengan begitu, pelanggan akan semakin percaya dengan perusahaan anda.
  • Meminta maaf tanpa syarat. Terkadang banyak perusahaan ketikaa mendengar komplain dari pelanggan, mereka akan meminta maaf dengan berbagai alasan, misalnya “Kami minta maaf, tapi mungkin bisa jadi anda juga kurang tepat dalam menggunakan suku cadangnya”, dan sebagainya. Usahakan hindari hal ini, dengan cara meminta maaf tanpa syarat. Karena pelanggan tidak peduli dengan pekerjaan karyawan anda, dan itu sangat menyebalkan. Mereka butuh solusi bukan sebuah pembelaan diri.
  • Berdayakan karyawan untuk solusi setiap masalah. Terkadang yang membuat jengkel pelanggan, adalah ketika saat komplain, disuruh untuk menunggu dankaryawan mencari supervisor yang bisa menangani masalah tersebut. tentunya ini sangatlah tak nyaman. Jadi akan lebih baik ketika anda memberdayakan karyawan anda agar ia juga bisa mengatasi komplain yang dilontarkan oleh pelanggan, agar solusi segera bisa tercapai.
  • Mendorong keluhan. Terkadang ada juga pelanggan yang mau komplain ketika mendapati pelayanan atau produk yang tidak sesuai. Anda harus menjelaskan kepada semua pelanggan, agar mereka bisa menyatakan keluhannya ketika memang pelayanan perusahaan anda tidak layak, agar anda bisa segera berbenah dan menjadi lebih baik.
  • Follow up. Untuk memastikan pelanggan yang melakukan komplain sudah merasa puas adalah hal yang sangat mudah, namun jarang perusahaan yang mau melakukan hal ini. Anda bisa menyentuh mereka secara personal, sehingga kepercayaan mereka kepada perusahaan anda akan lebih meningkat.

Mengelola pelanggan yang komplain memang bukan hal yang mudah. Namun ketika anda bisa mengelola para pelanggan anda tersebut, maka imbasnya akan membuat perusahaan anda lebih bisa dipercaya oleh banyak orang, sehingga efeknya akan makin banyak berdatangan calon pelanggan baru kepada perusahaan anda.

Cara Tepat Atasi Komplain Pelanggan | Scareface | 4.5