Cara Mudah Memasarkan Usaha Sampingan

Merintis sebuah usaha sampingan di kala anda sudah sibuk bekerja dengan pekerjaan uatama memang bukan sebuah hal yang mudah. Masalah yang sering dihadapi adalah manajemen waktu yang mungkin membutuhkan planing yang cukup ekstra. Selain itu juga teknik pemasaran yang kurang jitu, karena mungkin waktu dan pikiran anda sudah terforsir untuk menjalankan tugas uatam anda.

Cara Mudah Memasarkan Usaha Sampingan

Namun bukan berarti hal yang mustahil untuk bisa membuat usaha sampingan lebih berkembang. Anda hanya membutuhkan strategi yang tepat saja dalam memasarkan usaha sampingan anda tanpa harus menyita waktu utama anda sebagai seorang pekerja. Untuk mengembangkan bisnis sampiangan anda, ada dua cara cara yang bisa anda lakukan. Anda bisa memasarkan usaha sampingan anda tersebut dengan cara “ONLINE” atau dengan cara “OFFLINE”.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kedua cara tersebut tidak akan terlalu banyak menyita waktu utama anda? Bisa iya atau tidak. Tergantung bagaimana cara anda memasarkan usaha sampingan anda tersebut.

Strategi Marketing Online

Sebagai pemula, anda bisa menggunakan berbagai fasilitas media online untuk berpromosi. Anda bisa mengguanakan facebook, twitter, blog, situs jual beli, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut sambila anda bersantai atau ketika anda sedang senggang, sambil melakukan promosi. Atau anda juga bisa memakai jasa iklan baris, sehingga promosi anda akan berjalan 24 jam walau anda sedang tidur sekalipun. Sehingga hal ini tidak akan menyita waktu anda untuk berpromosi setiap waktu.

Hal perlu diperhiatikan ketika berpromosi lewat media online adalah detail produk. Tampilkanlah detail produk anda, beserta foto yang terbaik. Berikan informasi yang lengkap dan jangan pernah berbohong. Karena hal ini hanya akan membuat citra dari produk yang anda tawarkan menjadi hancur.

Anda bisa mengguanakan testimoni dari orang-orang yang pernah bertransaksi dengan anda, kemudian di pajang di jejaring sosial. Sehingga ini akan membuat usaha anda semakin dipercaya oleh orang.

Strategi Marketing Online

Karena anda sudah memilikipekerjaan utama, maka dalam strategi offline ini anda harus memnafaatkan waktu sebaik-sebaiknya. Cara mudah berpromosi dengan offline adalah dengan mengikuti berbagai macam bazar atau pameran, sehingga anda bisa langsung berpromosi kepada banyak orang di hari yang sama. Anda bisa mengikuti bazar yang diselenggarakan pemerintah atau bisa juga membuatnya secara mandiri. Jika anda membuat pameran mandiri, maka anda harus mengenali sasaran pasar terlebih dahulu, agar pameran anda lebih efektif.

Selain mengikuti bazar dan pameran, anda juga bisa mempromosikan usaha sampingan anda dengan menjadi sponsor dari berbagai macam acara, misalnya workshop, seminar, dan lain sebagainya. Atau ketika anda memiliki komunitas tertentu, misalnya arisan, kelompok pengajian, dan sebagainya bisa juga manjadi tempat anda untuk berpromosi saat berkumpul.

Itulah sedikit tips untuk membantu mengambangkan usaha sampingan anda, tanpa harus menyita banyak waktu utama anda dalam bekerja.

Cara Mudah Memasarkan Usaha Sampingan | Scareface | 4.5