Cara Mendapatkan Alokasi KUR dari Pemerintah

Pertanyaan yang seringkali muncul di tengah masyarakat adalah, bagaimana caranya untuk mendapatkan alokasi dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Pemerintah? Sebagian besar masyarakat masih merasa bingung untuk mengakses dana kredit usaha rakyat tersebut. Harus bagaimana dan kemana? Padahal untuk kalangan masyarakat yang miliki usaha mikro, kredit ini pasti sangatlah dibutuhkan.

Cara Mendapatkan Alokasi KUR dari Pemerintah

Kredit Usaha Rakyat ini adalah kredit yang diberikan untuk tambahan modal kerja yang ditujukan kepada para pelaku usaha mikro, usaha kecil, menengah, serta koperasi. Plafon yang diberikan pemerintah untuk kredit ini bisa mencapai Rp 500 juta. Pemberian dari KUR ini bertujuan untuk membuat usaha-usaha produktif masyarakat bisa semakin berkembang dan maju.

Apabila anda ingin mengakses penyaluran dana KUR ini, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Anda harus memastikan terlebih dahulu, bahwa usaha yang sedang anda jalankan adalah termasuk usaha produktif. Contoh usaha produktif adalah, salan kecantikan, usaha kerajinan, rumah makan, dan sebagainya.
  • Anda perlu menyipakan beberapa dokumen untuk mendapatkan dana KUR ini. Dokumen yang perlu anda siapkan diantaranya adalah; kartu identitas (KTP, KK, keterangan domisili), izin usaha (SIUP, TDP), akte pendirian usaha, proposal usaha, laporan keuangan, dan mungkin beberapa laporan tambahan tergantung dari masing-masing bank.
  • Datanglah ke kantor bank terdekat dengan rumah anda yang melayani KUR. Beberapa bank tersebut adalah, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah dan Bank Bukopin. Anda bisa meminta informasi yang lebih detail kepada bank-bank yang bersangkutan.
  • Anda perlu untuk mengikuti langkang-langkah prosedur jika ingin mendapatkan KUR. Serahkanlah surat permohonan KUR disertai dengan dokumen lain yang diperlukan untuk mengajukan KUR.
  • Setelah itu, pihak bank akan menilai pengajuan KUR anda. Layak ataukah tidak. Usaha anda akan disurvey. Apabila memenuhi syarat, maka anda bisa mendapatkan dana KUR.

Tips Agar Pengajuan KUR Cepat Diterima

Supaya pengajuan KUR anda bisa segera diterima, anda bisa memakai tips berikut ini:

  • Anda tidak sedang menerima dana KUR dari lembaga/bank lain.
  • Usaha anda harus sudah berjalan minimal 6 bulan.
  • Usaha anda juga harus sehat. Hal ini dilihat dari perolehan untung usaha anda, dan juga laporan keuangan yang anda buat
  • Siapkanlah angunan. Anda perlu mempersiapkannya karena siapa tahu dari pihak bank meminta sebuah jaminan.

Incoming search terms:

cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah, bantuan modal usaha gratis, bantuan modal usaha dari pemerintah, cara dapat uang modal usaha gratis dari pemerintah, cara mendapat modal usaha dari pemerintah, cara mencari modal usaha dari pemerintah, bantuan dana gratis, modal usaha gratis dari pemerintah, cara mendapatkan modal dari pemerintah, bantuan dana usaha dari pemerintah, 

Cara Mendapatkan Alokasi KUR dari Pemerintah | Scareface | 4.5