Cara Memulai Usaha Rumput Gajah Ukuran Mini

Rumput gajah ukuran mini memiliki daya jual yang cukup bagus, karena harga per meter perseginya dianggap murah. Cara melakukan usaha rumput gajah jenis ini juga tidak sulit; hanya dibutuhkan jenis tanah yang tepat, plus beberapa perkakas untuk membantu proses penanaman agar hasil tumbuh bibitnya bisa bagus.

Rumput gajah varietas mini ada dua macam yaitu yang biasa dan yang memiliki garis putih, dimana yang bergaris putih ini bisa lebih mahal untuk harga per meter perseginya. Akan tetapi, cara penanaman dan pemeliharaannya kurang lebih sama. Berikut penjelasannya.

budidaya rumput gajah mini

Cara Penanaman Rumput Gajah Mini

Cara melakukan usaha rumput gajah adalah menyiapkan media tanam yang berupa tanah merah untuk ditaruh di atas lahan yang sudah Anda siapkan. Selain itu, dibutuhkan juga bibit rumput gajah yang dimaksud, perlengkapan berkebun, papan kayu untuk ‘memukul’ bibit dan pasir yang sudah diayak bersih. Pasir ini gunanya untuk ditaburkan di atas tanah merah yang sudah ditanami bibit, maksudnya agar tanahnya tidak ‘naik’ saat disiram sehingga menghilangkan kualitas kesuburannya.

Berikut cara menanam rumput gajah mini yang benar:

  • Siapkan lahan dengan cara mencangkulnya sampai dasar tanahnya (yang gembur) naik. Keluarkan semua faktor penghambat pertumbuhan seperti kerikil, rumput liar dan akar. Jangan lupa membuat permukaan media tanam sedemikian rupa sehingga air hujan/siraman tidak menggenang.
  • Taruh media tanam berupa tanah merah sampai rata, lalu gunakan papan kayu untuk meratakannya. Sortir batu-batu dan kerikil yang bisa menghambat pertumbuhan rumput.
  • Ambil bibit (yang biasanya berupa gerumbulan), pisahkan menjadi 2-3 bagian, lalu tanam. Aturannya, saat menanam, ujung daun bibit yang satu harus bersentuhan dengan ujung lainnya. Pukul-pukul permukaan bibit supaya makin melesak.
  • Taburi pasir yang diayak, lalu siram secukupnya.

 

Cara melakukan usaha rumput gajah mini cukup mudah, yaitu dengan rutin menyiramnya di minggu-minggu awal masa penanaman terutama jika hujan jarang muncul atau sedang musim kemarau. Rumput yang masih kecil sebaiknya ditutup dengan jaring. Selain itu, tidak ada peraturan khusus.

Cara melakukan usaha rumput gajah memang terhitung mudah dan tidak begitu membutuhkan pembiayaan usaha yang cukup besar. Selain itu rumput gajah berukuran mini masih sangat digemari sebagai hiasan taman, sehingga cukup menguntungkan.

Incoming search terms:

budidaya rumput gajah mini, cara menanam rumput gajah mini, cara menanam rumput gajah mini yang benar, bisnis rumput gajah mini, rumput gajah, cara menanam rumput gajah, budidaya rumput gajah, harga rumput gajah mini, rumput gajah mini, budidaya rumput gajah mini mitra, 

Cara Memulai Usaha Rumput Gajah Ukuran Mini | Scareface | 4.5