Cara Membuat Kolam Terpal untuk Ikan Gurame

Ikan gurame cocok dipilih sebagai usaha ternak jika Anda menginginkan ternak ikan yang harga jualnya cukup tinggi, dan pemeliharaan di kolam terpal menjadi salah satu solusi menguntungkan. Cara membuat kolam terpal untuk ikan gurame cukup mudah, asal Anda ingat untuk melakukan proses pembersihan untuk menghilangkan unsur kimiawi yang bisa jadi ada pada terpal.

cara buat kolam terpal gurame

Mengapa Memilih Kolam Terpal?

Kolam terpal lebih efisien dari membuat empang karena Anda tinggal membuat lubang dan meratakannya saja, tidak perlu membuat dasar semen atau semacamnya (walau ada juga kolam terpal yang di bawahnya berlapis semen). Bahkan ada juga pembuatan kolam yang tidak membutuhkan penggalian yaitu dengan rangka, namun ini membutuhkan usaha ekstra.

Kolam terpal juga relatif lebih aman dari kontaminasi bakteri atau bahan kimia yang mungkin berasal dari tanah. Pemanenan juga cenderung lebih mudah jika menggunakan kolam terpal.

Cara Membuat Kolam Terpal

Berikut adalah cara membuat kolam terpal untuk gurame dengan metode penggalian yang sudah umum:

  • Bersihkan terpal hingga seluruh bagiannya tercuci bersih untuk menghindari kematian bibit ikan akibat bahan kimia pewarna yang mungkin masih menempel pada terpal.
  • Galilah lubang dengan kedalaman sekitar 1.5 meter dan panjang disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan Anda tuangkan ke dalamnya. Idealnya, ada 10 bibit ikan gurame per 1 meter persegi.
  • Ratakan setiap permukaan lubang yang sudah Anda buat dengan sekop plus diinjak-injak hingga mengeras.
  • Taruh terpal menutupi lubang. Jangan lupa dilebihkan bagian pinggir-pinggirnya (di tepi kolam) agar bisa ditahan dengan pemberat atau dipasak ke tanah supaya tidak melorot. Tuangkan air (jangan air PDAM) ke dalam kolam dan tuangkan garam sebanyak 2 ons per meter kubik untuk membunuh bakteri.
  • Diamkan selama sehari dua hari, lalu masukkan bibit ikan. Anda bisa menanam talas atau keladi di tengah kolam supaya daunnya bisa diberikan ke ikan gurame yang memang pemakan dedaunan; sangat cocok sebagai makanan tambahan selain pellet ikan.

 

Dengan belajar cara membuat kolam terpal sendiri, Anda bisa memulai usaha ikan gurame yang berskala kecil, dimana margin keuntungannya bisa cukup besar jika Anda bisa besarkan dengan baik.

Incoming search terms:

cara membuat kolam terpal, kolam terpal gurame, cara membuat kolam, cara membuat kolam ikan gurame, membuat kolam terpal, cara buat kolam terpal, cara membuat kolam ikan, cara bikin kolam terpal, cara membuat kolam ikan kecil, cara membuat kolam gurami dari terpal, 

Cara Membuat Kolam Terpal untuk Ikan Gurame | Scareface | 4.5