BUMN Sebagai Alternatif Modal UMKM

Apakah anda pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)? Dan apakah anda sedang mencari tamabahan modal usaha? Jika iya, maka tak ada salahnya anda mencari tambahan modal untuk usaha anda tersebut kepada BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Sebab bantuan modal yang akan diberikan oleh instansi BUMN ini cukuplah banyak. Selain itu, BUMN juga memberikan perhatian lebih besar untuk pengembangan sebuah UMKM. Beberapa BUMN yang cukup perhatian dengan UMKM adalah Pertamina, Pusri, Telkom, Bank Mandiri, BRI, PLN, dan lain sebagainya.

BUMN Sebagai Alternatif Modal UMKM

Hal ini merupakan salah satu tujuan dari pemerintah untuk penguatan UMKM. Sebab sudah terbukti bahwa UMKM telah memberikan sumbangsihnya yang tidak kecil terhadap perekonomian negara. Sesuai dengan peraturan pemerintah, maka perusahaan milik negara atau BUMN wajib mengalokasikan sebesar kurang lebih 2% laba bershnya guna berpartisipasi dalam pengembangan UMKM yang diberi nama dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Hidup (PKBL).

Program PKBL ini merupakan pembinaan bagi UMKM yang berlokasi di sekitar perusahaan BUMN yang ada. Sehingga jika anda melihat ada perusahaan BUMN yang beroperasi di sekitar tempat usaha mikro anda, maka anda memanfaatkan itu untuk mencari tambahan modal usaha. Ada beberapa hal penting terkait modal BUMN yang diberikan kepada UMKM, diantaranya:

Program PKBL ini hanya untuk UMKM yang sudah berjalan dan memiliki niat untuk pengembangan usaha.

  • Dana yang bisa diakses untuk bantuan modal bisa mencapai Rp 100 juta rupiah.
  • Bunga yang diberikan per tahun rata-rata adalah 6%, dan lama peminjaman bisa sampai 5 tahun
  • Biasanya diperlukan agunan, namun hal ini merupakan wujud dari ikatan saja dan bukan sebagai penentu akan dikabulkan atau tidaknya permintaan mdal anda.
  • Bantuan modal ini lebih diprioritaskan bagi para UMKM yang selama ini belum perndah memperoleh bantuan dari BUMN yang lain.

Langkah Pengajuan Modal Usaha UMKM

Setelah anda memahami perihal terkait modal usaha dari BUMN tersebut, maka ketika anda hendak mengajukan permohonan bantuan modal, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

  • Anda bisa mendatangi kantor BUMN yang ada di lokasi anda, kemudian ajukan juga surat permohonan resmi yang tercantum di dalamnya alamat anda beserta kontak yang jelas.
  • Anda perlu juga untuk melampirkan sebuah proposal yang isisnya terkait dengan besarnya dana yang anda butuhkan dan juga terkait gagasan pemakaian modal usaha yang akan anda jalankan tersebut.
  • Anda juga perlu untuk melampirkan company profil dari usaha yang sedang anda jalankan, karena hal ini diguanakan sebagai bahan pertimbangan untuk menilai kelayakan usaha anda.
  • Jangan lupa untuk melampirkan juga surat izin usaha dan surat lain sejenis yang dibutuhkan
  • Anda hanya tinggal menunggu untuk persetujuan bantuan dana dari BUMN dan juga usaha anda akan disurvey terlebih dahulu oleh pihak BUMN untuk melihat secara langsung usaha anda tersebut.

Incoming search terms:

bantuan modal usaha dari bumn, 

BUMN Sebagai Alternatif Modal UMKM | Scareface | 4.5