Bisnis Anda Mengalami Kegagalan? Temukan Penyebabnya

Menjalankan bisnis memang tidak semudah membalikkan tangan, namun juga berati hal yang terlalu sulit untuk di jalankan. Sebagian besar dari pelaku bisnis mengalami kegagalan pada tahun kedua, yaitu sebanyak 80%. Jika anda tidak ingin termasuk di dalam yang 80% itu, maka anda harus mengetahui beberapa hal yang menyebabkan sebuah bisnis mengalami kegagalan, sehingga anda bisa mengantisipasinya dan membuatnya menjadi sebuah motivasi untuk meraih kesuksesan.

Bisnis Anda Mengalami Kegagalan? Temukan Penyebabnya

Beberapa alasan yang seringkali membuat sebuah bisnis mengalami kegagalan adalah sebagai berikut:

Bisnis yang tidak jelas

Anda sebagai pemilik binis, ketika tidak memiliki visi dan misi yang jelas atas bisnis yang sedang anda bangun, maka anda akan mudah terombang-ambing sehingga anda tidak bisa fokus. Maka untuk mencapai kejelasan dalam bisnis anda, anda harus bisa memberikan panduan yang jelas terkait area keuangan, area kelaurga, dan juga area kesehatan. Anda harus bisa membedakan masing-masing area dan juga memberikan kefokusan yang berbeda pula agar fokus anda tidak campur aduk yang akan menyebabkan bisnis menjadi terbengkalai.

Mental yang rendah

Terkadang para pelaku bisnis tidak berpikir secara realistis dengan usaha yang sedang mereka geluti. Rasa tidak sabar seringkali hinggap dalam pikirannya, sehingga perasaan yang ingin segera sukses dalam waktu instan seringkali membuat mereka mengalami kegagalan. Perlu anda yakini bahwa sebuah usaha bisa mencapai sukses dengan proses yang cukup panjang, dan konsisiten. Rasa yang ingin cepat kaya dengan instan akan mebuat mental anda cepat down, sehingga melihat usaha yang tak kunjung sukses, akan membuat anda tidak meneruskan usaha sedang anda jalankan. Jika aitu terjadi, kegagalan sudah ada di depan mata anda.

Sistem kontrol yang lemah

Dalam sebuah usaha, sistem kontrol adalah hal yang sangat penting. Bagaiaman setiap lini di dalam usaha anda bisa berjalan dengan baik, maka dibutuhkan sebuah sistem kontrol yang kuat. Anda perlu untuk memantau bagian produksi, nagian penjualan, cara menjualnya, persaingan harga, dan sebagainya. Jika sistem kontrol ini tidak kuat, bisa jadi masing-masing lini di perusahaan anda ada yang tidak bekerja dengan optimal sehingga mempengaruhi lini yang lain, yang pada akhirnya akan berpengaruh kepada perusahaan anda secara keseluruhan.

Kekurangan modal

Hal seringkali dihadapi bagi para pengusaha pemula. Kekurangan modal yang seringkali membuat anda tidak bergairah untuk mengembangkan usaha anda. Anda harus mengetahui dan memahami bahwa untuk menambah modal usah anda, butuh proses dan juga kerja keras, dan anda harus sabar untuk mencapainya.

Dengan memahami beberapa hal yang seringkali membuat para pengusaha mengalami kegagalan, maka anda bisa mengambil sisi positifnya dan menjadikannya sebagai sebuah pemicu semangat agar anda tetap bisa bertahan dan merencakan bisnis dengan lebih matang.

Bisnis Anda Mengalami Kegagalan? Temukan Penyebabnya | Scareface | 4.5