Berbagai Sumber Pinjaman Modal untuk Usaha

Berbagai Sumber Pinjaman Modal untuk Usaha

Ketika anda melakukan sebuah kegiatan bisnis atau wirausaha, pastilah membutuhkan yang namanya modal. Bahkan modal inilah yang seringkali menjadi kendala di lapangan, ketika anda ingin membangun atau mengembangkan usaha anda. Permasalahan yang terjadi bisa kekuran

gan modal atau bahkan taidak ada modal. Apakah anda termasuk salah satu di dalamnya? Jika iya, maka anda tidak perlu khawatir. Karena masih banyak sumber-sumber pinjaman modal yang bisa anda manfaatkan untuk pembiayaan usaha yang sedang anda jalankan.

Ada banyak sekali alternatif yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan modal usaha. Anda hanya tinggal memilih dari banyaknya alternatif yang ada, kemudian di sesuiakan dengan kondisi usaha anda saat ini. Berikut adalah beberapa alternatif yang bisa anda tuju untuk mendapatkan dana pinjaman, terutama dari kredit perbankan.

1. Kredit Usaha

Setiap bank memiliki nama yang berbeda dalam menawarkan kredit usaha mikro ini. Kredit usaha ini diberikan tergantung dengan setiap jenis usaha dari masing-masing pemohon. Pada umumnya kredit usaha ini dibagi menjadi 2, yaitu kredit modal kerja dan kredit investasi. Jika anda ingin mengambil kredit usaha ini, anda harus mempelajari berbagai persyaratan yang dibutuhkan. Sangat dianjurkan ketika anda ingin mengambil kredit usaha ini, usahakan meminjam dari bank pemerintah atau bank berpihak pada UKM, karena suku bunga yang diberikan tergolong rendah.

2. Kredit Tanpa Angunan (KTA)

Beberapa dari lembaga perbankan juga ada program KTA, yang merupakan kredit tanpa angunan untuk perorangan yang tidak memerlukan angunan untuk jaminan keperluan yang konsumtif. Bagi beberapa pemula yang sedang merintis usaha, kredit ini adalah salah satu sumber dana yang tidak membutuhkan kredit untuk skala besar. Pada umumnya kredit yang dikucurkan berkisar antara 5 s/d 150 juta. Kredit ini diberikan sesuai track record pengusaha dan jangka waktunya juga bergam. Bagi anda yang baru saja mendirikan sebuah usaha, mungkin akan sedikit kesulitan. Akan tetapi, apabila anda masih menjadi karyawan, anda bisa menggunakan posisi tersebut guna memperoleh kredit untuk mengambangkan usaha.

 3. Kredit BPR

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memberikan fasilitas kredit yang lebih mudah baik dalam proses dan syaratnya dibandingkan bank lain. BPR melayani para pengusaha yang sedang membutuhkan modal, terutama bagi UKM. Namu perlu anda cermati, bahwa bunga yang diberikan cenderung lebh tinggi dan jangka waktunya juga cenderung lebih singkat.

4. Leas Back atau Leasing

Leasing adalah sebuah program pendanaan yang difasilitasi oleh sebuah lembaga keuangan dengan bentuk perusahaan pendanaan. Pinjaman yang diberikan tidak berupa uang, tetapi berupa pinjaman aset bergerak. Seperti sepeda motor. Dan untuk leas back merupakan pinjaman tunai yang diberikan hanya dengan menggunakan BPKB sebagai jaminan.

5. Perum Pegadaian

Merupakan sebuah lembaga keuangan yang dimiliki oleh pemerintah, yang mana bertugas untuk menyalurkan dana pinjaman dengan barang tertentu sebagai jaminan. Bunganya juga relatif rendah serta dihitung setiap 2 pekan. Anda bisa memilih berbagai produk yang ditawarkan seperti Kredit Cepat Aman (KCA), Kredit Angsuran Sistem Gadai (Krasida), atau Kredit Angsuran Sistem Fiducial (Kreasi).

6. Koperasi

Anda bisa mendapatkan pinjaman dari koperasi simpan pinjam (KSP) atau koperasi kredit (kopdit). Biasanya syaratnya adalah menjadi anggota dari koperasi yang bersangkutan.

7. Pinjaman BUMN

Dana yang dipakai untuk pinjaman BUMN ini merupakan dana kemitraan, yang mana berasal dari keuntungan perusahaan yang memang sengaja disisihkan bagi para pengusaha kecil. Program ini sering disebut dengan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) BUMN. Anda bisa mengakses program ini di PT Jamsostek, PT Gas Negara, Pertamina, dan sebagainya.

8. Pinjaman Departemen

Anda juga bisa mendapatkan pinjaman modal usaha melewati beberapa departemen. Anda bisa mengaksesnya di 3 departemen, yaitu Departemen Perindustrian, Departemen koperasi, dan Departemen Pertanian.

Incoming search terms:

sumber pinjaman, Sumber Modal pinjaman, www sumberpinjaman com, yhs-ddc_bd, sumber dari modal pinjaman adalah, sumber dana pinjaman, sumber sumber pinjaman, sumber dari modal pinjaman atau kredit, sumber modal pinjaman kredit, 

Berbagai Sumber Pinjaman Modal untuk Usaha | Scareface | 4.5