Berbagai Sumber Modal untuk UMKM

Mencari sumber permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah tidaklah terlalu sulit. Peran dari UKM yang semakin lama semakin jelas dan signifikan bagi negara, membuat banyak pihak perlahan memberikan kemudahan dalam bentuk pembiayaan kredit bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan tambahan modal usaha.

modalusaha

Tentunya hal ini membawa angin segar bagi para pelaku UMKM yang pada umumnya selalu memiliki kendala dengan keterbatasan modal yang ada. Sehingga tak jarang para pelaku UMKM yang akhirnya mengalami penurunan dan bahkan sampai gulung tikar. Harapannya dengan adanya berbagai macam program untuk sumber permodalan ini, para pelaku UMKM bisa lebih berkembang lagi.

Berbagai macam jenis kredit yang diperuntukkan bagi UMKM sudah tersedia pada lembaga keuangan bank dan BUMN. Untuk lembaga keuangan seperti bank, pada umumnya memberikan layanan kredit bagi para pelaku usaha mikro dan juga usaha kecil yang digunakan untuk modal kerja dan juga modal investasi. Dan untuk BUMN, program yang dikelaurkan bernama PKBL atau Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Di dalam program kemitraan ini, BUMN bisa menyediakan bantuan modal bagi para pelaku usaha mikro dan juga kecil sampai Rp 25 juta.

Selain dari program kredit lembaga keuangan dan PKBL dari BUMN, sumber modal usaha juga bisa didapatkan dari Lembaga Keuangan Non Bank, misalnya Pegadaian. Selain pegadaian, masih ada lagi sumber modal yang bisa menjadi akses para pelaku UMKM, yaitu modal yang diberikan dari PNM atau Perusahaan Nasional Mandiri. Sesuai dengan tugasnya, PNM ini akan memberikan solusi terkait pembiayaan atau kredit bagi para pelaku UMKMK yaitu usaha mikro, kecil, menengah, dan juga koperasi. Bantuan modal yang diberikan tentunya juga berdasar atas kelayakan dari usaha yang bersangkutan.

Jika anda meras bingung untuk mendapatkan sumber permodalan bagi usaha anda, maka anda bisa memanfaatkan berbagai lembaga di atas untuk mengajukan permohonan kredit.

Berbagai Sumber Modal untuk UMKM | Scareface | 4.5