Beda Kartu Kredit dan ATM (kartu debit)

Di zaman modern ini penggunaan tekhnologi dalam kehidupan manusia semakin mendominasi. Salah satunya adalah dalam urusan transaksi jual beli. Jika dulu kita mengenal transaksi barter yakni menukar barang untuk mendapatkan barang yang lain, kemudian kita mengenal penggunaan mata uang sebagai media alat pembayaran dan saat ini tekhnologi semakin maju dengan adanya fasilitas kartu kredir ataupun ATM (kartu debit) yang dikeluarkan oleh pihak perbankan.

perbedaan kartu kredit dan kartu debit

Dalam penggunaannya tentu masih banyak kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun biasanya bagi pengguna yang awam belum begitu mengetahui jelas perbedaan antara kartu ATM (kartu debit) dengan kartu kredit. Meski sama-sama dapat digunakan sebagai media pembayaran namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar dari segi penggunaan hingga keamanan. Dan akan sangat bijak jika anda mengetahui terlebih dahulu karakteristik keduanya, kartu debit dan kartu kredit, agar pada nantinya anda tidak mengalami kendala dalam memanfaatkan salah satu atau keduanya.

Perbedaan dasar

Secara mendasar yang membedakan antara kartu kredit dan kartu debit adalah kartu kredit digunakan ketika anda ingin menggunakan fasilitas pembayaran dari bank ketika membeli suatu barang. Harga suatu barang yang dibayarkan tidak akan langsung mengurangi jumlah tabungan anda karena anda bisa mencicil harga yang dibayarkan, baca juga sejarah kartu kredit. Sedangkan jika anda menggunakan kartu debit anda akan membayar lunas harga barang yang akan dibeli dan akan langsung mengurangi jumlah tabungan yang anda miliki.

Penggunaan 

Biasanya jika anda melakukan perjalanan ke luar negeri yang lebih baik anda gunakan dalam berbelanja adalah kartu kredit. Karena kartu kredit dapat digunakan dibanyak tempat dan banyak negara asalkan memiliki lambang mastercard dan visa. Sedangkan untuk kertu debit biasanya penggunaanya lebih terbatas meskipun memiliki lambang mastercard dan visa.

Biaya tambahan

Penting untuk anda cermati dari penggunaan kartu kredit dan kartu debit. Untuk kartu debit anda biasanya hanya dikenakan biaya administasi bulanan atas kepemilikan kartu debit oleh pihak bank. Namun jika anda menggunakan kartu kredit maka akan ada banyak biaya tambahan yang bisa jadi tidak kita sadari seperti biaya administrasi bulanan, biaya keterlambatan, biaya transaksi dan bunga dari transaksi pembelian yang bisa jadi akan lebih besar dari pada nilai pembelanjaan awal.

Fasilita tambahan

Hal ini mungkin yang menjadi daya tarik mengapa semakin banyak pengguna kartu kredit. Karena di beberapa lokasi banyak pihak ketiga yang bekerjasama dengan pihak bank dengan cara memberikan reward atau poin khusus ketika pelangganya melakukan transaksi menggunakan kartu kredit seperti fasilitas VIP di bandara, taman bermain hingga tempat-tempat makan. Sedangkan jika anda menggunakan kartu debit anda tidak akan merasakan fasilitas ini.

Keamaanan

Untuk keamanan kartu kredit lebih baik daripada kartu debit. Karena jika kartu debit anda hilang dan si pencuri memiliki nomor pin anda maka pencuri bisa mengambil seluruh uang yang ada di tabungan anda melalui mesin ATM.

Banyak keuntungan dan kerugian yang dimiliki masing masing dari kartu kredit dan kartu debit. Kembali kepada kebutuhan anda dalam bertransaksi untuk memutuskan menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit. Jika anda adalah tipe orang yang sering berbelanja mungkin kartu kredit akan lebih baik karena banyak fasilitas-fasilitas yang bisa kita dapatkan. Namun jika anda tipe orang yang lebih suka berhemat dan lebih menghindari hutang maka penggunaan kartuu debit akan membuat anda lebih bijak.

Beda Kartu Kredit dan ATM (kartu debit) | Scareface | 4.5