Beberapa Program Pegadaian Syariah untuk Pembiayaan UMKM

Dengan jumlah masyarakat Indonesia yang sebagian besar adalah muslim, banyak dari umat terbesar ini yang ingin melakukan semua aktivitas berdasatkan syariat islam, termasuk dalam agenda pengajuan kredit. Mereka tidak ingin berhadapan dengan sesuatu yang tidak halal menurut ajaran islsm, misalnya riba. Oleh karena itu, dimunculkan berbagai macam program dari pegadain yang berbasis syariat agar umat muslim juga bisa merasa tenang ketika mendapatkan dana kredit dari pegadaian.

Beberapa Program Pegadaian Syariah untuk Pembiayaan UMKM

Pada dasarnya pembiayaan dari pegadaian konvensional dan pegadaian syariah itu sama. Yang menjadi pokok pembeda adalah dari akadya. Jika pegadaian konvensional hanta butuh satu akad yang mencakup semua aspek, maka pegadaain syariah membutuhkan 3 proses. Yang pertama merupakan akad simpan pinjam, yang mana nasabah akan menyimpan barang yang ia miliki yang akan menjadi jaminan. Kedua adalah akad atau transaksi gadai, yaitu pihak pegadaian akan menahan barang milik si peminjam sampai dana pinjamannya lunas dikembalikan. Ketiga adalah akad ijaroh atau biaya sewa atas barang yang dititipkan oleh si peminjam.

Beberapa produk Pegadaian Syariah:

Rahn, yang merupakan jasa gadai berdasar prinsip syariah yang mana nasabah hanya dipungut biaya administrasi saja beserta ijarohnya (biaya simpanan barang tersebut)

Arrum atau Ar Rahn untuk usaha Mikro, merupakan skim pembiayaan yang memang khusus diberikan untuk pengembangan usaha mikro yang dikembalikan dengan cara mengangsur, dan menggunakan emas atau BPKB motor. Syarat usaha yang akan disetujui adalah minimal sudah bergerak satu tahun

Mulia atau Murabahah Logam Mulia untuk investasi Abadi, yaitu penjualan sebuah logam mulia 99,99% yang bersertifikat dari pegadaian kepada elemen masyarakat dengan tunai, dan juga angunan berjangka waktu fleksibel.

Amanah, yaitu program untuk kepemilikan sebauh kendaraan bermotor, yang mana skimnya hampir sama dengan Arum. Perbedaanya hanya pada masalah angunan saja, Arrum selain dengan motor juga bisa memakai emas untuk skala peminjama tertentu.

Pada dasanya semua produk di atas bisa diakses oleh seluruh pelaku UMKM, terutama adalah program Arrum yang memang khusus dialokasikan untuk para pelaku UMKM.

Beberapa Program Pegadaian Syariah untuk Pembiayaan UMKM | Scareface | 4.5