Bank Pertanian Menyediakan Pinjaman Bagi Petani Dan Nelayan

Bank Pertanian Menyediakan Pinjaman Bagi Petani Dan Nelayan cheap Clonidine – Salah satu upaya untuk membangun bidang pertanian yang kuat adalah mendirikan bank-bank pertanian. Penulis kurang setuju dengan pendapat Darmin Nasution mantan Gubernur Bank Indonesia yang menyatakan tidak diperlukannya bank pertanian melainkan bank sekarang harus diperluas cakupannya. Pendapat Darmin Nasution sangatlah sempit dan tidak terbuka. Karena kita lihat sekarang ini, lembaga perbankan diharuskan menyalurkan kredit pinjaman kepada kalangan siapa saja dan kalangan usaha apa saja. Tapi buktinya, bank masa kini sangat sulit menyalurkan kredit bagi petani dan nelayan. Dikarenakan resiko yang tinggi terhadap mereka. Oleh sebab itu, bank pertanian wajib didirikan di berbagai pelosok di tanah air dan pedesaan untuk melengkapi bank atau lembaga keuangan yang ada sekarang ini yang tidak menyediakan pinjaman bagi petani dan nelayan.

bank pertanian menyediakan pinjaman bagi petani dan nelayan

bank pertanian menyediakan pinjaman bagi petani dan nelayan

Hal ini diperkuat oleh lembaga universitas, menteri pertanian dan kumpulan petani dan nelayan Indonesia yang mendukung kehadiran Bank Pertanian. Diharapkan perkembangan pertanian di Indonesia semakin maju dan berkembang dengan adanya bank pertanian. Karena bidang pertanian dan nelayan merupakan bisnis yang menguntungkan jika dikerjakan secara baik. Dan bank pertanian dan petani akan saling diuntungkan dengan kerjasama kedua lembaga tersebut. Karena sekarang para petani dan nelayan di Indonesia sangat kesulitan mendapatkan dana pinjaman dari bank untuk mengembangkan usahanya.

Bank Pertanian Menyediakan Pinjaman Bagi Petani Dan Nelayan
Kita bisa mengambil pelajaran berharga dari negara yang memiliki bank pertanian. Mereka bisa menjadi negara makmur dengan swasembada produk pertanian hingga di ekspor keluar negeri. Misalnya negara Thailand telah mempunyai koperasi pertanian dan bank pertanian sejak tahun 1966. Bank pertanian ini memberikan pjnjaman modal usaha kepada para petani dan nelayan. Kalau di Indonesia bisa dibangun sebuah koperasi pertanian yang berperan sekaligus sebagai bank pertanian. Dimana anggota mauoun bukan anggota bank pertanian dapat meminjam uang bagi usaha pertanian dan nelayan. Dana tersebut dapat digunakan oleh para petani untuk sarana produksi, modal usaha pertanian, membangun saluran air, dan lain-lain.

Sementara itu keberadaan koperasi dan bank pertanian harus dibangun oleh pemerintah dan diawasi langsung oleh pemerintah dimana jangan sampai terjadi penyimpangan. Karena program pemerintah kini terhadap bidang pertanian kurang dirasakan manfaatnya langsung oleh para petani. Seringkali para petani harus membeli pupuk yang harganya mahal tanpa subsidi padahal pemerintah menyediakan pupuk dan benih gratis. Salah satu bentuk bank pertanian yang sukses di dunia adalah bank Grameen. Bank ini mampu mensejahterakan para petani.
Pendek kata, pemerintah harus sesegera mungkin membentuk bank pertanian di Indonesia kalau memang pemerintah serius membenahi bidang pertanian di Indonesia.

Itulah sedikit ulasan mengenai bank pertanian menyediakan pinjaman bagi petani dan nelayan. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA : Pinjaman Modal Usaha Tanpa Melalui Bank

Bank Pertanian Menyediakan Pinjaman Bagi Petani Dan Nelayan | Scareface | 4.5