Bagaimana Membuat Konsumen Mejadi Marketing Anda?

Pemasaran memang menjadi sebuah ujung tombak dalam sebuah bisnis. Dengan metode pemasaran yang tepat, maka omset bisnis anda dapat melejit luar biasa. Namun jika tidak tepat bisa berlaku sebaliknya, dan bahkan anda bisa mengalami kebangkrutan. Anda membutuhkan sebuah strategi yang mantap untuk membuat produk anda di kenal orang banyak, dan tentunya hal ini akan membuat anda mengeluarkan uang yang tidak sedikit pula. Apalagi di luar sana masih banyak perusahaan yang menjual barang serupa dengan anda.

marketing mouth

Jika modal yang anda miliki mencukupi, maka ini bukanlah sebuah masalah. Namun ketika modal anda masih terbatas, maka bisa jadi masalah ini membuat anda menjadi pusing tujuh keliling. Namun ada teknik sederhana bagaimana anda bisa melibatkan secara sukarela agar konsumen anda juga berperan sebagai tim marketing anda. Bagaiman caranya? Silakan anda simak tips-tips sederhana ini:

1. Membuat Produk Berkualitas

Hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah ini, membuat produk anda berkualitas. Ini adalah hal yang wajib. Ketika anda bisa menghadirkan produk berkualitas, kreatif, dan inovatif dan sesuai dengan keinginan konsumen, maka dengan sendirinya ia akan mempromosikan produk anda kepada temannya, kerabatanya, dan lingkungan sekitarnya. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya marketing tambahan untuk mempromosikan produk anda.

2. Berikan Pelayanan yang Maksimal

Selain produk yang berkualitas, pelayanan yang optimal juga perlu untuk anda lakukan. Apabila konsumen anda merasa puas dengan pelayanan yang anda berikan, maka tanpa perlu anda minta pun, ia akan mengarahkan konsumen lain untuk membeli produk dari anda.

3. Menjalin Hubungan yang Saling Menguntungkan

Untuk lebih menguatkan peran marketing dari para konsumen anda, tidak ada salahnya ketika anda membuat sebuah program yang bisa menguntungkan bagi pelanggan anda. Misalnya dengan membuka program kemitraani kecil-kecilan. Ketika pelanggan anda bisa membawa 2 atau 3 orang untuk berbelanja di tempat anda, akan mendapatkan sebuah hadiah, diskon atau sejenisnya.

4. Berikan Hadiah Kepada Pelanggan  

Apakah anda ingin memberikan sebuah hadiah kenang-kenangan bagi pelanggan anda? Jika iya, maka berilah sebuah hadiah yang bermanfaat yang sekaligus dengan hadiah tersebut bisa mempromosikan perusahaan anda. Anda bisa memberikan hadiah berupa gantungan kunci, kalender, mug plastik, tas gaul, atau kaos. Sehingga barang-barang tersebut di pakai konsumen anda atau di pajang di dalam rumah, maka itu sudah menjadi media promosi yang cukup signifikan.

Irulah sedikit tips bagaimana mengajak konsumen menjadi bagian marketing usah anda, tanpa harus memaksa mereka. Dengan metode ini, anda bisa meminimalisir pengeluaran dan memaksimalkan pendapatan, serta memperluas pasar anda.

Bagaimana Membuat Konsumen Mejadi Marketing Anda? | Scareface | 4.5