Alternatif Modal Bagi UKM Pemula

Salah satu hal yang menjadi kesulitan yang biasanya dialami oleh para pelaku UKM pemula adalah masalah kredit. Walaupun memang sudah banyak program kredit yang memang khusus bagi UKM, namun teteap saja masih banyak yang merasa kesulitan untuk bisa mengaksesnya.

Alternatif Modal Bagi UKM Pemula

Biasanya yang menjadi kendala adalah umur dari usaha anda itu belum mencapai 1-2 tahun, karena memang masih pemula. Atau juga karena belum adanya aset yang bisa dijadikan sebagai agunan. Selain itu, yang juga agak sulit adalah karena belum mendapatkan legalitas usaha. Hal-hal inilah yang seringkali menghambat para pelaku UKM untuk mendapatkan dana kredit dari perbankan. Sebenarnya dari Pemerintah pun sudah ada yang namanya program KUR (Kredit Usaha Rakyat) akan tetapi karena penyalurannya juga lewat perbankan, maka syarat-syarat yang yang ahrus dipenuhi akhirnya tidak jauh berbeda dengan program kredit yang lain.

Jika anda termasuk ke dalam kategori ini, maka janganlah menyerah dan putus asa. Masih ada banyak jalan bagi anda ketika ingin mendapatkan kredit untuk mengembangkan usaha selain dari kredit bank:

Pertama, Anda bisa mulai belajar untuk membuat sebuah proposal penawaran profesional yang akan anda tawarkan kepada relasi untuk ikut berinvestasi. Anda juga bisa bergabung menjadi anggota salah satu koperasi simpan pinjam, sehingga anda bisa mendapatkan pinjaman dari koperasi tersebut. Atau pilihan lain adalah dengan menjadi mitra binaan program PKBL dari BUMN.

Kedua, mencari modal ventura, yaitu model pembiayaan yang berbentuk penyertaan modal dakam sebuah PPU (Perusahaan Pasangan Modal) yang mana perusahaan tersebut ingin mengembangkan bisnisnya dalam jangka waktu tertentu. Dalam pembiayaan ini, maka sisitem yang dipakai adalah sistem bagi hasil serta pengembalian modal. Dan saat ini juga sudah banyak sekali pemodal ventura baik lokal maupun asing.

 Ketiga, manfaatkan kalangan dekat misalnya kelaurga, sahabat, kerabat, dan yang lain. Akan tetepi profesionalisme teteplah harus dijaga, dengan cara bagi hasil atau bisa berbentuk kerjasama.

Untuk memajukan usaha anda ini, maka kepercayaan adalah modal awal yang sangat penting. Apalagi ketika anda hendak bekerjsama dengan pihak ketiga. Maka anda harus benar-benar menyakinkan bahwa diri anda adalah sosok yang pantas dan layak untuk mendapatkan bantuan modal tersebut. Anda perlu untuk membangun sebuah integritas dan juga komitmen yang konsisten, agar rekam jejak usaha anda bernilai positif, baik bagi pemasok, pelanggan, ataupun pihak yang akan memberikan modalnya kepada anda.

Namun integritas saja tidak cukup. Anda juga harus terus mengembangkan kapabilitas usaha anda, sehingga ketika kelak anda ingin mendapatkan kredit dari perbankan, anda sudah teruji dan terbukti mampu untuk memenuhi syarat yang diajukan oleh pihak perbankan.

Incoming search terms:

cara menjadi anggota koperasi ukm, cari modal usaha untuk pemula, cara mendapatkan bantuan dana ukm, 

Alternatif Modal Bagi UKM Pemula | Scareface | 4.5