7 Strategi Wajib Para Pengusaha

Semakin hari peluang untuk membuka sebuah bisnis semakin mudah dan juga luas. Dari bisnis yang offline sampai bisnis yang online. Dari yang bermodal dengkul sampai yang bermodalkan jutaan rupiah. Dengan semakin besarnya peluang tersebut, maka dituntut sebuah kreativitas dari para pelaku usaha agar usaha mereka dapat bertahan dan bersaing dengan yang lain. Persaingan pasar semakin hari semakin pesat, setaip hari muncul pengusaha baru dengan produk mereka dan pengusaha lama di tuntut untuk mepertahankan kualitas dari produk yang mereka tawarkan. Sehingga untuk tetap bisa eksis di dunia pasar, perlu sebuah teknik yang jitu agar kerajaan bisnis yang hendak dibangun atau sudah dibangun bisa tetap berjaya.

7 Strategi Wajib Para Pengusaha

Oleh karena itu, untuk mempertahankan bisnis yang sudah dijalankan atau untuk membantu para pemula yang sedang merintis usaha, diperlukan beberapa strategi wajib yang harus dilakukan agar bisa tetap bertahan dalam persaingan pasar yang semakin ketat. Beberapa strategi wajib itu adalah sebagai berikut:

1. Kreatif dan segera beraksi

Kreatif memang menjadi modal utama dalam sebuah bisnis. Jika anda ingin menjadi pengusaha yang sukses, anda harus berani berpikir gila dan juga berusaha untuk mewujudkannya. Berpikir kreatif saja tidaklah cukup, namun anda harus segera bergerak, harus segera beraksi untuk mewujudkan ide gila yang sudah anda rencanakan, agar impian besar anda bisa segera terwujud.

2. Mulai dari lingkungan sekitar

Tidak jarang para pemula yang berpikir terlalu berpebihan, ketika hendak memulai sebuah usaha, sering sekali mereka memikirkan usaha yang keuntungannya besar dan terlihat bonafit. Padahal itu semua bisa anda lakukan mulai dari lingkungan sekitar anda, tidak perlu berpikir yang terlalu muluk. Usaha sekitar anda saja, jika ditekuni juga bisa mejadi usaha yang luar biasa. Seperti Rstono yang menekuni usaha tempe dan berhasil menjadi juragan tempe di Jepang.

3. Biaya produksi jangan terlalu banyak

Dalam mengembangkan sebuah usaha, tentunya anda harus berhati-hati dalam menggunakan setiap biaya pengeluaran. Sehingga anda membutuhkan strategi yang cukup jitu agar bisa mendatangkan penghasilan yang maksimal. Anda harus bisa menekan dengan biaya produksi sekecil mungkin, agar anda bisa menjual produk anda kepada konsumen dengan harga yang lebih terangkau dan tentunya akan memberikan anda keuntungan yang lebih besar.

4. Manfaatkan teknologi untuk meluaskan jangkauan pasar

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat di zaman sekarang ini, tentunya anda juga harus memanfaatkan teknologi tersebut untuk melanggengkan usaha yang sudah anda bangun. Jangan sampai anda menyia-nyiakan teknologi yang sangat bermanfaat ini. Dengan teknologi internet dan juga sosial media yang sedang booming, anda bisa dengan lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus mengeluarkan biaya operasional yang besar. Anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, blog, atau website untuk memasarkan produka anda.

5. Kembangkan brand anda

Kekuatan brand masih menjadi hal yang penting dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu,kembangkan brand anda dan jagalah kualitasnya agar brand anda semakin dikenal banyak orang.

6. Menumbuhkan bakat wirausaha

Jika anda ingin sukses, maka belajar dan belajar adalah solusinya. Anda pelu untuk membekali semangat untuk terus mengembangkan ketrampilan anda agar kemampuan anda semakin terasah.

7. Siap hadapi resiko

Resiko tidak akan pernah hilang dalam sebuah usaha. Setiap anda hendak mengembangkan usaha, pastilah akan muncul berbagai macam resiko dan juga halangan yang harus anda lewati. Pastikan bahwa anda sudah membuat sebuah rencana bisnis yang matang, agar ketika sebuah resiko mendatangi anda, bisa anda minimalisir dengan sekecil-kecilnya.

Itulah beberapa strategi yang harus anda lakukan untuk tetap bisa bertahan di dalam dunia persaingan pasar yang semakin hari, semakin banyak pemainnya dengan berbagai cara dan metode yang digunakan.

7 Strategi Wajib Para Pengusaha | Scareface | 4.5